X
    Categories: Blog

Pahami Artinya, Berikut Istilah-Istilah Dalam Google Adsense Jarang Diketahui

Perkembangan teknologi yang semakin pesat rupanya banyak membawa dampak positif bagi kehidupan manusia. Selain membuat aktivitas menjadi lebih efisien, perkembangan teknologi juga ternyata berdampak memajukan perekonomian masyarakat. Dengan perkembangan teknologi khususnya bidang internet, banyak orang memanfaatkan peluang bisnis yang salah satunya adalah dalam bidang teknologi informasi, diantaranya dengan menjadi blogger: pembagi informasi bermanfaat yang sekarang ini cukup digemari dan menjanjikan.

Dalam melancarkan aksinya, blogger sendiri biasanya bekerja sama dengan program periklanan populer yaitu Google Adsense untuk memberikan mereka penghasilan. Banyak masyarakat, terlepas kancah dunia hingga tanah air, yang telah sukses memanfaatkan program Google Adsense dengan penghasilan jutaan hingga ratusan juta per bulan. Sehingga tidak heran rasanya jika kita membahas sedikit mengenai Google Adsense, termasuk istilah-istilah dalam Google Adsense. Berikut adalah ulasannya.

Pengertian Google Adsense – Apa itu Google Adsense?

Google Adsense adalah program periklanan milik dan dikelola langsung oleh perusahaan raksasa Google. Banyak para blogger dan website dunia yang menggunakan layanan ini untuk mendapatkan uang. Cara kerjanya pun terbilang cukup mudah pengguna hanya perlu mendaftarkan blog miliknya, dan saat pendaftaran tersebut disetujui Google, maka pemilik blog bisa langsung menggunakan program ini.

Untuk memperoleh penghasilan, Google sendiri menyarankan pemilik blog untuk menampilkan iklan dari Adsense. Iklan-iklan tersebut bisa menyerupai video, text, gambar, atau text beserta gambar. Anda cukup menempelkan kode iklan yang diberikan Google dengan benar pada struktur blog, maka otomatis iklan akan tampil di blog anda.

Iklan-iklan itu kemudian akan menjadi uang apabila ada orang yang mengklik iklan di website anda. Metode dalam penghasilan uang yang diterapkan Adsense dihitung berdasar jumlah per klik iklan atau per seribu impresi (tayangan). Google akan membayar penggunanya melalui kantor pos atau via bank transfer setiap satu bulan sekali dengan catatan saldo pada Adsense minimal berjumlah US$ 100.

Istilah-Istilah Google Adsense

Google Adsense memiliki berbagai macam istilah yang hingga sekarang masih banyak blogger belum mengerti sepenuhnya. Oleh sebab itu, berikut ini akan diulas beberapa istilah yang terdapat dalam Google Adsense.

  1. Publisher

Publisher atau biasa disebut dengan penayang iklan adalah orang atau pemilik website yang sudah terdaftar dengan program ini. Dan mereka yang berhak menayangkan iklan pada website miliknya disebut sebagai publisher Google Adsense.

Sebelum menjadi publisher, pemilik website harus mendaftar terlebih dulu ke Google Adsense dan barulah bisa menayangkan iklan di situs dan mendapat penghasilan. Persyaratan mendaftar program ini cukup sulit, karena hal itu tidak sedikit para blogger justru memilih membeli akun Google Adsense ketimbang mendaftar.

Adapun setiap pengguna Google Adsense hanya diperbolehkan memiliki satu akun untuk satu email. Namun pihak Google sendiri tidak melarang apabila publisher ingin menayangkan iklan di berbagai website miliknya, dalam artian lebih dari satu blog boleh saja asalkan tidak melanggarkan aturan yang sudah ditetapkan oleh pihak Google.

*Baca juga: Sudah Tahu Belum? 9 Penyebab Akun Adsense Dibanned atau Diblokir oleh Google

  1. Visitor dan Unique Visitor (Organik)

Visitor secara sederhana artinya adalah pengunjung blog, sedangkan unique visitor adalah pengunjung blog murni yang berasal dari mesin pencari seperti Google, Yandex, Bing maupun mesin pencari lainnya. Adapun visitor atau pengunjung ini dapat menemukan website berdasarkan kata kunci yang ditulis pada mesin pencari.

  1. Ad Units

Ad Units adalah iklan Adsense itu sendiri seperti banner yang tampil pada blog. Sedangkan, Ad Units terdiri dari beberapa jenis dan ukuran. Dan paling umum adalah jenis iklan teks, gambar, dan video. Kemudian apabila ada pengunjung yang mengklik unit iklan pada blog bersangkutan, maka pemilik blog akan mendapatkan penghasilan sesuai dengan jumlah dan besarnya nilai CPC.

  1. Average Time On Site

Average time on site merupakan jumlah rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung saat berada di blog anda. Semakin tinggi angka yang ditampilkan oleh average time on site, maka semakin tinggi pula durasi waktu singgahnya. Durasi yang panjang biasanya dikarenakan pengunjung membaca banyak informasi yang terdapat di blog anda.

  1. Link Units

Link Units sebenarnya tidak berbeda jauh dibanding Ad Units, perbedaannya hanya jika Link Units di klik maka pengunjung otomatis akan diarahkan ke halaman hasil pencarian Google. Publisher hanya akan mendapatkan penghasilan apabila pengunjung mengklik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut. Meskipun cara kerjanya seperti itu, namun Link Units dinilai lebih banyak menghasilkan pemasukan ketimbang Ad Units biasa.

  1. Review Kedua

Review kedua biasanya adalah istilah yang paling sering ditanyakan oleh blogger pada saat sedang mendaftar Google Adsense. Review kedua sendiri merupakan tahap penilaian kedua yang dilakukan oleh Google Adsense, dan lama durasi review ini berkisar antara 3-7 hari. Di beberapa kasus pun banyak yang berbulan-bulan baru mendapat kabar dari Google diterima atau tidaknya. Banyak blogger yang gagal di tahap ini karena dibuat bingung oleh ketentuan berlaku yang ditetapkan Google.

  1. Adsense for Content

Adsense for content adalah jenis iklan yang dipasang pada sebuah halaman. Jika iklan tersebut di klik, maka pengunjung akan diarahkan ke laman yang ada pada website itu sendiri.

  1. Page View (PV)

Selanjutnya merupakan istilah umum yang sering di dengar dalam dunia blog, yaitu page view artinya adalah halaman website atau blog yang dibuka oleh pengunjung. Satu pengunjung berarti satu page view. Namun jika pengunjung tersebut membuka 10 halaman saat kunjungannya maka page view-nya juga jadi 10. Semakin banyak pengunjung membuka halaman blog atau website, maka semakin banyak pula jumlah page view blog bersangkutan.

*Baca juga: Cara Mendapatkan Matched Content Google Adsense Dengan Mudah

  1. Alternate Ads

Alternate Ads adalah iklan alternatif yang biasanya dipasang jika Ads Units tidak dapat ditampilkan, biasanya karena iklan kosong atau tidak tersedia. Jadi, jika Ad Units yang dibuat telah diatur dengan menggunakan Alternate Ads, maka iklan Ad Units tidak ditampilkan, yang tampil justru iklan alternatif seperti yang sudah diatur sebelumnya.

  1. CTR (Click through rate)

CTR adalah perbandingan antara banyak jumlah klik iklan dengan total tayangan laman suatu website. Umumnya, CTR dikenal juga dengan istilah RKT (Rasio Klik per Tayang) dan biasanya RKT ini digunakan untuk mengukur banyaknya jenis iklan PPC (Pay Per Click).

  1. Channels

Channels sendiri merupakan label yang bisa anda berikan pada suatu Ad Units, Link Units, Adsense for Share, dan Referrals. Nantinya pada halaman Google Adsense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels sehingga penggunaan Channels sendiri tentu akan memudahkan publisher untuk menganalisa performa iklan Adsene mereka.

  1. CPC (Cost per Click)

Sementara yang satu ini adalah perhitungan pendapatan dari setiap klik iklan yang dilakukan oleh pengunjung pada suatu web. Istilah lain dari CPC yakni BPK (Biaya per Klik). CPC memiliki angka yang berbeda-beda untuk setiap iklan yang tampil. Semakin tinggi nilai CPC, maka semakin banyak pendapatan yang akan diterima publisher.

  1. Page Impression

Page Impressions adalah halaman yang menunjukan berapa kali jumlah halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Dan angka beserta nilainya tidak terpengaruh oleh banyaknya Ad Units yang ada pada halaman blog bersangkutan.

  1. RPM (Revenue Per Thousand Impression)

RPM atau umum disebut PPS adalah kanal yang menunjukkan pendapatan per seribu tayang dari penghasilan tertaksir. Secara sederhana, PPS ini akan menunjukkan pendapatan yang akan diterima publisher setiap 1000 kali tayang. Ada rumus yang bisa digunakan untuk menghitung jumlah RPM, antara lain:

  • RPM = (Penghasilan tertaksir/ Jumlah tampilan halaman) x 1000 (per seribu impresi), maka:

Misalnya penghasilan adsense tertaksir US$ 1 dari 100 halaman.

RPM = (US$1 : 100 ) x 1000 = US$ 10

  1. Clicks

Clicks merupakan jumlah klik yang terjadi pada iklan milik publisher. Adapun dalam halaman laporan Adsense, publisher dapat melihat total klik yang ia torehkan.

  1. Bounce Rate

Bounce rate adalah presentase antara tingkat kunjungan blog dan page view dalam jangka waktu tertentu. Perhitungannya adalah semakin tinggi persentase bounce rate, maka artinya semakin tidak bagus untuk perkembangan blog maupun Adsense.

  1. Akun Adsense Dibanned

Istilah ini pun rasanya tidak jarang kita dengar dalam dunia blog terlebih khusus di kalangan para publisher Adsense. Akun Adsense dibanned sendiri mengartikan bahwa akun telah dinonaktifkan. Jadi jika akun dibanned, maka publisher bersangkutan tidak dapat lagi menampilkan iklan dan mendapatkan penghasilan dari program periklanan ini. Biasanya akun Adsense dibanned dikarenakan oleh berbagai hal seperti ketahuan bertindak curang atau tidak mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan oleh pihak Google.

*Baca juga: Cara Diterima Google Adsense Dengan Mudah dan Cepat

***

Perlu diketahui, Indoworx tidak hanya menyajikan informasi-informasi bermanfaat saja, tapi kami juga menyediakan keperluan hosting, domain, SSL, dan lain sebagainya yang tentunya akan sangat membantu untuk kinerja website anda. Jika anda berminat, maka bisa langsung buka di beranda website kami, yaitu Indoworx.com. Sekaligus jangan lupa untuk mengunjungi zonakuota.com untuk membeli pulsa dan kuota secara online.

-R.S.A-

Rifaldo Surya Abdi:
Related Post
Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.