X
    Categories: Blog

Selain Google, Cara Indeks Blog dengan Mudah di Bing

Image: searchenginejournal.com

Salah satu hal wajib yang harus diketahui oleh para pegiat situs yakni memastikan blog miliknya terindeks mesin pencari. Pasalnya, blog yang sudah terindeks dapat dipastikan bisa ditemukan oleh siapa saja di mesin pencari sehingga ini juga akan berpengaruh terhadap peringkat serta trafik blog anda. Kebanyakan blogger biasanya hanya mengindeks blog miliknya di mesin pencari Google, otomatis pengunjung yang datang cuma dari mesin pencari bersangkutan saja.

Padahal, selain Google ada banyak sekali mesin pencari lain yang tidak kalah populer. Yakni salah satunya adalah Bing, yang merupakan mesin pencari kedua terbanyak digunakan setelah Google. Maka baiknya anda pun harus melakukan perindeksan blog di mesin pencari tersebut, tujuannya yaitu meningkatkan trafik dan memperbanyak jalur masuk pengunjung.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa jika anda melakukan indeks di Bing, otomatis blog anda bisa ditemukan di mesin pencari tersebut. Dan sangat disarankan untuk melakukan indeks atau verifikasi segera. Adapun bagi anda yang tidak mengetahui cara melakukan indeks di Bing, berikut ini adalah ulasan cara indeks di Bing secara lengkap.

Cara Indeks Blog di Bing

Perlu diketahui cara ini hanya ditujukan bagi pegiat situs ber-platform WordPress dan sudah menginstal SEO by Yoast. Jika belum silakan instal, lalu ikuti tutorial ini dengan seksama.

  • Pertama, silakan akses situs Bing Webmaster Tools, kemudian pilih Sign Up. Lalu masuk gunakan salah satu, baik itu akun Google, Facebook, atau Microsoft.

  • Kemudian fokus ke My Sites, tambahkan alamat website anda, jangan lupa tekan tombol ADD untuk melanjutkan.

  • Secara otomatis anda akan ditujukkan ke sebuah laman yang menyajikan banyak kolom. Anda cukup mengisi 2 kolom saja yaitu URL (nama blog anda) Add a Sitemap (link sitemap di blog anda) kemudian scroll ke bawah klik SAVE.

*Opsional: jika anda tertarik mengisi semua kolom, silakan saja. Sementara bagi anda yang belum membuat sitemap, bisa baca panduan Cara Membuat Sitemap yang satu ini.

  • Pada halaman ini, anda fokus ke Option 2 dan copy 13F4C364… (Jangan ikuti kode ini, tapi ikuti kode yang memang untuk blog anda). Setelah itu, jangan tekan VERIFY. Silakan buka tabs baru di browser, kemudian buka dan login ke dasbor WordPress anda.

  • Setelah masuk ke dasbor, diasumsikan sudah menginstal plugin SEO by Yoast. Kemudian pilih menu SEO > Dashboard yang ada di menu sebelah kanan.

  • Pilih tab Webmaster Tools dan paste kode yang telah di-copy tadi ke kolom Bing Webmaster Tools. Jangan lupa klik Save Changes untuk melanjutkan.
  • Nah, setelah itu barulah klik tombol VERIFY (yang ada di poin ke-4).

Kesimpulan

Dengan melakukan proses indeks di mesin pencari Bing, harapannya pengunjung bisa menemukan blog anda lewat jalur lain, dalam artian tidak hanya melalui Google. Terlepas dari itu, biasanya blog akan mulai terindeks dalam kurun waktu 3×24 jam.

Sebenarnya ada beragam cara untuk melakukan proses indeks di Bing, namun tutorial ini rasanya adalah cara termudah dibanding cara yang lain. Namun sangat diharuskan untuk menginstal plugin SEO by Yoast terlebih dulu, sebab tanpa bantuan plugin tersebut—tutorial ini tidak akan berjalan dengan lancar.

***

Perlu diketahui, Indoworx tidak hanya menyajikan informasi-informasi bermanfaat saja, tapi kami juga menyediakan keperluan hosting, domain, SSL, dan lain sebagainya yang tentunya akan sangat membantu untuk kinerja website anda. Jika anda berminat, maka bisa langsung buka di beranda website kami, yaitu Indoworx.com. Sekaligus jangan lupa untuk mengunjungi zonakuota.com untuk membeli pulsa dan kuota secara online.

-R.S.A-

Rifaldo Surya Abdi:
Related Post
Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.