X
    Categories: Blog

Apa itu Backdoor? Waspadai Backdoor Pada Website dan Situs Anda

Hingga kini keamanan masih menjadi persoalan utama untuk melindungi sebuah server. Keamanan juga tidak bisa dianggap remeh begitu saja, pasalnya ada banyak cara yang dapat dilakukan para hacker (peretas) untuk membobol sebuah server dan menyalahgunakan data yang terdapat di dalamnya. Melihat besarnya akibat yang akan didapatkan, artinya keamanan sangat penting dijaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak inginkan pada server anda. Apalagi baru-baru ini ada perangkat lunak bernama Backdoor yang mengancam keamanan server, khususnya server berbasis Linux.

Pengertian Backdoor – Apa itu Backdoor?

Image: jalantikus.com

Backdoor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses sebuah sistem, aplikasi, atau jaringan tanpa harus melewati proses autentikasi terlebih dulu. Sehingga ini memungkinkan Si pembuat Backdoor yang biasanya adalah peretas untuk masuk ke dalam sistem tanpa harus melewati proses autentifikasi seperti memasukkan data username atau password terlebih dulu. Tentu cara kerja software ini terbilang sangat luar biasa. Backdoor juga dapat diartikan sebagai mekanisme yang digunakan untuk membobol atau mengakses sistem dan jaringan.

*Baca juga: Takut Diretas? Gunakan Plugin Untuk Meningkatkan Keamanan Halaman login WordPress Anda

Pada mulanya, Backdoor diciptakan untuk membantu para pengembang dan programer mendapatkan akses khusus untuk masuk ke dalam program yang mereka kembangkan. Kalau-kalau suatu saat terjadi masalah pada program tersebut, misalkan crash atau bug, maka mereka dapat masuk ke sistem dengan segera. Intinya backdoor awalnya merupakan solusi yang dapat membantu para pengembang dan programer.

Namun seiring berjalannya waktu, Backdoor disalahgunakan oleh suatu pihak untuk mengambil alih akses sistem atau jaringan secara paksa. Biasanya Backdoor disisipkan ke dalam kode sistem maupun sebuah program secara diam-diam oleh suatu pihak, sehingga developer atau programer tidak mengetahui bahwasanya ada Backdoor pada sistemnya. Akibanya, si pembuat Backdoor tadi dapat masuk dan mengambil alih akses sistem secara keseluruhan. Intinya Backdoor hampir sama dengan malware, yakni sama-sama dapat menyelinap ke sebuah sistem. Hanya saja malware tidak dikendalikan sedangkan Backdoor dapat dikendalikan.

Fungsi Backdoor

Karena cara kerja Backdoor terbilang sangat luar biasa, hingga akhirnya aplikasi ini dimanfaatkan oleh banyak pihak untuk berbagai tujuan. Adapun berikut ini beberapa fungsi Backdoor, antara lain:

1. Mengambil Alih Akses Situs

Image: pexels.com

Tidak banyak orang mengetahui bahwa Backdoor sudah banyak tersebar di berbagai aplikasi dan fitur yang digunakan pada sebuah situs atau website. Khususnya aplikasi dan fitur-fitur bajakan, seperti tema dan plugin nulled. Disematkankannya Backdoor tentu saja tujuannya untuk mendapatkan akses ke dalam website. Jika si pembuat Backdoor berhasil masuk, otomatis mereka dapat melakukan apa saja terhadap website anda, bahkan mengambil alih website tersebut. Biasanya Backdoor dapat dimasukan dalam bentuk tema, plugin, folder upload, wp-config, dan masih banyak lagi. Kebanyakan Backdoor disebabkan oleh tema dan plugin bajakan.

2. Mengambil Hak Akses Server/Komputer

Image: pexels.com

Backdoor tidak hanya digunakan untuk meretas website saja, melainkan juga mengambil hak akses suatu server atau komputer. Apabila si pembuat Backdoor berhasil menyusup ke dalam komputer atau server anda, maka sudah tentu mereka dapat melakukan akses ke semua folder yang ada di perangkat tersebut. Dengan cara inilah umumnya peretas dapat melakukan pencurian data. Adapun celah masuknya Backdoor di komputer atau server salah satunya lewat aplikasi yang diinstal korban. Semacam aplikasi-aplikasi yang terlihat mencurigakan.

*Baca juga: Cara Meningkatkan Keamanan Website Melalui Htaccess

Tujuan Dimasukannya Backdoor

Setidaknya ada beberapa tujuan dimasukannya Backdoor ke sebuah website atau server, yang diantaranya:

  • Melakukan pencurian data
  • Peretasan server
  • Merusak website atau server
  • Menyebarkan virus
  • Melakukan serangan DDoS
  • dan masih banyak lagi

Cara Mengatasi Backdoor pada Website

Bukan tidak mungkin apabila website anda tersisipi Backdoor tanpa sepengetahuan. Meski Backdoor terbilang sebagai teknologi canggih, ternyata teknologi ini masih dapat diatasi. Dan berikut adalah cara mengatasi Backdoor pada website.

  • Sebaiknya hapus tema yang tidak digunakan, dan pastikan selalu menggunakan tema original.
  • Lakukan pengecekan file pada .htaccess, dan pastikan tidak ada script redirect.
  • Periksa folder dan file wp-config,php sehingga sama dengan file wp-config-sample.php pada konfigurasinya.

Kesimpulan

Backdoor merupakan software yang canggih dan cukup berbahaya, khususnya pada privasi dan hak akses anda. Apabila Backdoor telah masuk ke website atau server, maka si peretas dapat melakukan apapun yang mereka sukai. Hingga hal itu perlu diwaspadai, karena sangat besar kemungkinannya sebuah website dan server tersisipi Backdoor tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Anda bisa membersihkan Backdoor lewat cara di atas. Sebenarnya ada beberapa cara lain lagi, seperti menggunakan perintah grep pada server Linux, dan lain sebagainya.

*Baca juga: Apa itu Two Factor Authentication? Keamanan Ganda Digital Paling Ampuh

***

Perlu diketahui, Indoworx tidak hanya menyajikan informasi-informasi bermanfaat saja, tapi kami juga menyediakan keperluan hosting, domain, SSL, dan lain sebagainya yang tentunya akan sangat membantu untuk kinerja website anda. Jika anda berminat, maka bisa langsung buka di beranda website kami, yaitu Indoworx.com. Sekaligus jangan lupa untuk mengunjungi zonakuota.com untuk membeli pulsa dan kuota secara online.

-R.S.A-

Rifaldo Surya Abdi:
Related Post
Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.