X
    Categories: Blog

Penemu 4G? Inilah 5 Hasil Karya Anak Bangsa yang Diakui Dunia

Selain memiliki sumber daya alam yang melimpah, Indonesia ternyata juga mempunyai sumber daya manusia yang berkompeten dan memang sepatutnya dibanggakan. Tercatat hingga kini tidak sedikit karya anak bangsa yang memang telah diakui dalam kancah internasional. Dan salah satunya adalah teknologi jaringan 4G, yang tanpa disadari ternyata itu merupakan hasil karya anak bangsa Indonesia. Selain 4G, apa saja hasil karya anak bangsa yang patut dibanggakan? Maka demikian berikut ini adalah 5 hasil karya anak bangsa yang diakui dunia.

1. Teknologi 4G

Image: kammikarawang.or.id

Siapa sangka teknologi yang sangat berguna untuk pengguna selular modern ini ternyata ditemukan oleh orang Indonesia. Penemu tersebut bernama Prof. Dr. Khoirul Anwar dari Kabupaten Kediri, Jawa Timur yang namanya sudah begitu familiar di Jepang. Beliau sendiri adalah alumni dari Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Elektro yang lulus pada tahun 2000 silam dan kemudian melanjutkan pendidikannya di Nara Institute of Sains Teknologi, Jepang.

Dalam presentasinya, professor kelahiran 1978 ini berhasil menyampaikan dan menemukan metode komunikasi yang lebih cepat, efisien, dan memiliki peningkatan kecepatan pengiriman data secara signifikan bahkan beberapa kali lebih cepat dibanding dengan teknologi 3G. Penerapan metode ini tentu saja bertujuan untuk mengatasi masalah komunikasi yang muncul di berbagai kota besar maupun di daerah pegunungan. Karena banyak gedung pencakar langit untuk kota besar dan banyak gunung di daerah pegununguan; faktor tersebut diyakini membuat gelombang sinyal yang ditransmisikan kerap mengalami pantulan dan delay lebih panjang, sehingga akan mengganggu komunikasi yang ada.

*Baca juga: Robert Dennard – Penemu Sejarah dan Perkembangan RAM

Metode yang dikemukakan oleh Prof. Dr. Khoirul Anwar akhirnya berhasil mendapatkan penghargaan Best Paper untuk kategori Saintis di Institute of Electrical and Electronic Engineer Technology Conference pada bulan Mei 2010 lalu di Taiwan. Temuan tersebut akhirnya dipatenkan dan mulai digunakan di beberapa perusahaan elektronik besar di Jepang dan China.

2. PicMix

Image: gadgetgaul.com

PicMix merupakan aplikasi editing foto yang dibuat oleh Inovidea Magna Global Indonesia. Aplikasi ini nyatanya cukup populer di manca negara, terlebih untuk orang-orang yang suka mengedit foto. Adapun mengenai fasilitasnya, PicMic juga serta menyediakan fitur-fitur bermanfaat seperti halnya photo editor, photo collage, cure sticker, dan lain sebagainya. Selain dapat mengedit dan menyimpannya, pengguna juga bisa langsung membagikan hasil editing fotonya tersebut ke sosial media seperti Instagram hingga Facebook.

Meskipun diciptakan oleh anak bangsa, prestasi hebatnya aplikasi ini pernah diulas dan dimuat dalam media pemberitaan luar negeri, yakni Techcrunch.com. PicMix telah diunduh 50 juta pengguna di Google Play dan 30 juta pengguna di App Store.

3. Pondasi Ceker Ayam

Image: 108jakarta.com

Metode pondasi ceker ayam memang biasanya digunakan agar pemasangan pondasi yang kokoh di atas tanah labil. Cara tersebut memang banyak diterapkan di berbagai proyek pembangunan di tanah air bahkan di seluruh dunia. Pondasi ceker ayam ternyata merupakan metode pemikiran yang telah diakui dunia, dan ternyata ditemukan oleh orang Indonesia.

Prof. Dr. Ir. Sedyatmo merupakan putra kebanggan Karanganyar, Jawa Tengah. Beliau adalah orang yang berperan dalam menemukan gagasan pondasi ceker ayam untuk kali pertama. Selain itu, Prof. Dr. Ir. Sedyatmo juga kerap memegang tanggung jawab untuk pembangunan menara listrik bertegangan tinggi di daerah rawa-rawa di kawasan Yogyakarta, yang notabennya memiliki struktur tanah lembek dan tidak stabil. Kejadian tersebut akhirnya melatarbelakangi Prof. Dr. Ir. Sedyatmo menemukan ide awal dari gagasan pondasi ceker ayam. Persoalan struktur tanah akhirnya dapat teratasi, menara listrik itu kemudian dibangun di atas pondasi pelat beton dan ditopang oleh pipa-pipa beton di bawahnya.

*Baca juga: Motivasi? 8 CEO yang Bangkit Dari Kegagalan

Karena pipa atau pelat beton itu kemudian bersatu dan mencengkram tanah dengan sangat kuat, sehingga pondasi itu akhirnya dinamai Pondasi Ceker Ayam. Temuan Prof. Dr. Ir. Sedyatmo ini juga telah mendapat pengakuaan hak paten dan diakui temuannya oleh beberapa negara.

4. Mobil Esemka

Image: tribunnews.com

Ketika awal peluncurannya, mobil esemka memang sempat ramai diperbincangkan di seluruh Indonesia sehingga kehadirannya tidak asing lagi bagi kita. Mobil Esemka tersebut merupakan karya para siswa SMK 1 Singosari Malang yang memang patut dibanggakan. Pasalnya, mereka mampu membuat sebuah prototype mobil yang kemudian diberi nama “Mobil Esemka”. Mobil ini sendiri memiliki 5 jenis varian, yaitu SUV, Pick Up Double Cabin, Sedan, Pick Up Single Cabin dan VAN. Dalam perancangannya, pihak SMK 1 Singosari juga dibantu oleh SMK-SMK lain yang ada di kota Malang untuk mengembangkan mobil Esemka ini. Untuk urusan harga, mobil ini sendiri dapat dibawa pulang dengan harga Rp 80 juta per unitnya.

5. Jembatan Layang “Sosrobahu”

Image: ytimg.com

Pada tahun 1980an, Ir. Tjkarda R. Sukawati membangun jembatan layang atas izin pemerintahan pusat untuk mengatasi padatnya lalu lintas ibukota Jakarta. Jembatan tersebut dibangun membentang diantara Cawang hingga Tanjung Priok. Ketika tahap pembangunannya, jembatan tersebut sedikit mengalami kendala sehingga akhirnya Ir. Tjkarda R. Sukawati mengajukan sebuah gagasan untuk membangun tiang yang sejajar dengan jalur di bawahnya. Selain itu, beliau juga membangun struktur lengan dari jembatan tersebut berbentuk huruf T yang diputar 90 derajat, serta menggunakan sistem hidrolik sehingga lengan beton yang sangat berat tersebut dapat diputar dengan mudah. Proyek ini pun akhirnya dapat dirampungkan dengan sangat baik dan jembatan Sosrobahu kemudian diresmikan oleh Presiden Soeharto.

Rancangan pembangunan yang Ir. Tjkarda R. Sukawati mendapat banyak pujian pada saat itu, bahkan metode ini juga digunakan oleh beberapa negara di dunia. Diantaranya adalah jembatan Seatle di Amerika Serikat dan jalan raya metro di Filipina. Gagasan insinyur kelahiran Bali tersebut juga sudah mendapat lisensi hak paten dari Jepang, Malaysia, dan Filipina.

*Baca juga: Hobi Fotografi? Berikut 10 Situs Jual Foto Secara Online

***

Perlu diketahui, Indoworx tidak hanya menyajikan informasi-informasi bermanfaat saja, tapi kami juga menyediakan keperluan hosting, domain, SSL, dan lain sebagainya yang tentunya akan sangat membantu untuk kinerja website anda. Jika anda berminat, maka bisa langsung buka di beranda website kami, yaitu Indoworx.com. Sekaligus jangan lupa untuk mengunjungi zonakuota.com untuk membeli pulsa dan kuota secara online.

-R.S.A-

Rifaldo Surya Abdi:
Related Post
Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.