X
    Categories: Blog

Modern? 5 Penemuan Penting yang Merubah Kehidupan Manusia

Dampak dari perkembangan teknologi yang paling nampak dalam kehidupan manusia yakni adalah perubahan zaman dan aktivitas manusia itu sendiri dari era ke era. Semakin majunya teknologi, maka semakin modern juga kehidupan manusia, yang sadar tanpa sadar hal itu banyak merubah rutinitas dari hidup kita.

Teknologi sendiri rasanya mulai cepat berkembang setelah mengalami revolusi industri yang terjadi di dunia beberapa dekade lalu. Pergerakan tersebut akhirnya memacu para ilmuwan untuk melahirkan inovasi-inovasi cerdas demi mempermudah aktivitas dan rutinitas kehidupan. Dengan adanya pergerakan revolusi industri, banyak penemuan-penemuan yang akhirnya merubah kehidupan manusia secara drastis. Dan berikut ini adalah penemuan-penemuan tersebut.

  • Penemuan Penting yang Merubah Kehidupan Manusia

1. Listrik

Image: pexel.com

Kehadiran listrik tentu banyak membawa perubahan positif bagi kehidupan manusia. Listrik juga menjadi salah satu komponen yang berperan penting bagi dunia perindustrian, perkantoran, pemerintahan, dan bahkan pendidikan. Selain itu, listrik juga boleh kita katakan menjadi revolusi teknologi yang paling mempengaruhi sisi kehidupan manusia. Benar saja, teknologi sekarang ini; misalnya smartphone, laptop, lampu dan lain sebagainya. Apa kabarnya semua teknologi itu jika hingga sekarang listrik belum ditemukan? Yang pasti teknologi-teknologi itu tidak bakalan eksis seperti sekarang ini. Itu adalah salah satu alasan utama mengapa listrik bisa dikatakan sebagai penemuan penting yang merubah kehidupan manusia.

2. Komputer

Image: techcrunch.com

Tidak salah jika kita memasukkan komputer sebagai salah satu penemuan penting yang mengubah kehidupan manusia. Teknologi ini sendiri sempat menjadi penemuan besar pada masanya, dan bahkan hingga sekarang komputer telah berkembang setidaknya sebanyak empat kali generasi. Perkembangan ini menjadi yang paling efektif dalam dunia tulis menulis jika dibandingkan dengan menggunakan tangan atau mesin ketik yang mungkin saja hampir tidak bisa dikoreksi. Komputer membawa sejuta fitur dibandingkan mesin ketik, salah satunya dapat mengkoreksi dokumen-dokumen yang sudah jadi kapan pun dengan mudah.

*Baca juga: Perkembangan Virtual Reality, Teknologi Realitas Dunia Maya

3. Mobil dan Motor

Image: lifeofpix.com

Mobil dan motor merupakan salah satu kendaraan darat yang hampir setiap orang memilikinya. Karena kendaraan ini termasuk sebagai alat yang sangat penting, terlebih untuk menempuh tempat yang jauh. Tanpa kendaraan, kita tidak mungkin menempuh jarak yang jauh tersebut hanya berjalan kaki saja. Selain memakan banyak waktu, berjalan kaki tentunya sangat melelahkan dan pastinya tidak efektif apalagi untuk kehidupan di zaman modern ini.

Adapun kendaraan seperti mobil pertama diciptakan pada tahun 1885 oleh Karl Benz. Namun sayangnya ia sendiri tidak memproduksi dan memperbanyaknya, sehingga hanya dirinya satu-satunya yang memiliki teknologi bernama mobil itu. Karena alasan demi kebaikan semua orang, akhirnya hal ini membuat Henry Ford memproduksi dan memperbanyaknya, bahkan juga menekan harga produksi agar semua orang bisa memilikinya. Setelah itu kendaraan berbasis sepeda motor juga ikut menyusul. Dan sepeda motor diciptakan pertama kali oleh Gottlieb Daimler.

Penemuan-penemuan ini akhirnya secara perlahan-lahan turut merubah kehidupan manusia. Kota-kota besar yang dulunya hanya dipadati oleh pejalan kaki, kini justru dipenuhi oleh kendaraan bermotor yang berlalu lalang. Mobil dan motor sendiri memiliki dampak positif yang begitu banyak bagi kita; yang diantaranya memudahkan seseorang dalam berpergian dan juga menghemat waktu dalam berpergian itu sendiri. Pasalnya, jauh sebelum dimana ditemukannya teknologi mobil atau motor, manusia  hanya berinteraksi dan berpergian dengan berjalan kaki yang bahkan bisa saja tiba di tujuan dalam waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. Melihat keadaan tersebut, maka tidak berlebihan jika teknologi mobil atau motor kita masukkan sebagai salah satu penemuan yang merubah banyak kehidupan manusia.

*Baca juga: Begini Sejarah Panjang Perkembangan Komputer Dari Generasi ke Generasi

4. Telepon

Image: pexels.com

Telepon merupakan teknologi yang sudah pasti peranannya mengubah dunia secara signifikan dalam halnya komunikasi. Teknologi ini bertujuan untuk mempermudah individu dalam berkomunikasi dengan individu lainnya meskipun terbentang jarak yang jauh. Pasalnya, sistem surat menyurat sudah dianggap tidak efektif lagi karena untuk menyampaikan satu kabar saja membutuhkan waktu hingga berminggu-minggu. Hal itu berbeda jauh dengan kehadiran telepon yang dapat menghubungkan seseorang dalam waktu beberapa detik saja meski terbentang jarak beribu-ribu kilometer. Bayangkan saja apa jadinya dunia komunikasi apabila Alexander Graham Bell tidak menemukan teknologi ini?

Telepon sendiri perkembangannya sangat cepat dan pesat sekali, jika dahulu menggunakan kabel, kini telepon sudah tidak lagi menggunakan kabel. Bahkan hingga sekarang telepon sudah bisa dibawa kemana-mana saja serta bisa menghubungi seseorang di mana saja dan kapan saja.

5. Internet

Image: pexels.com

Tidak hanya telepon saja, internet juga menjadi penemuan bersejarah yang kemudian merubah banyak kehidupan umat manusia. Dibalik manfaat yang ada, sayangnya internet juga disebut-sebut memberikan dampak negatif untuk penggunanya, dan dipercayai memberikan efek candu yang membuat pengguna lupa waktu. Sebagai satu teknologi yang paling cepat memberikan informasi, internet hingga kini serta bisa digunakan untuk berkomunikasi dan memungkinkan untuk siapa saja mengetahui segala hal yang ada di dunia. Dan internet kami rasa merupakan teknologi yang paling merubah kehidupan manusia.

*Baca juga: Jenis-Jenis PHP Framework yang Paling Populer di Dunia

***

Perlu diketahui, Indoworx tidak hanya menyajikan informasi-informasi bermanfaat saja, tapi kami juga menyediakan keperluan hosting, domain, SSL, dan lain sebagainya yang tentunya akan sangat membantu untuk kinerja website anda. Jika anda berminat, maka bisa langsung buka di beranda website kami, yaitu Indoworx.com. Sekaligus jangan lupa untuk mengunjungi zonakuota.com untuk membeli pulsa dan kuota secara online.

-R.S.A-

 

Rifaldo Surya Abdi:
Related Post
Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.