X
    Categories: Blog

Ingin Menambang? Yuk Ketahui Spesifikasi PC Untuk Mining Bitcoin

Image: kaskus.id

Perbincangan mengenai mata uang digital akhir-akhir ini memang menjadi topik yang hangat untuk diulas. Terlebih mata uang digital ini juga memiliki harga atau nilai tukar yang sangat fantastis. Harga tinggi tersebut rutin melonjak setiap tahunnya, sehingga banyak orang turut menanam investasi jangka panjang terhadap salah satu mata uang digital ini. Sebut saja Bitcoin, yang harga per unitnya mencapai ratusan juta baru-baru saja, padahal beberapa tahun lalu harga Bitcoin sangat murah di pasaran digital.

Bitcoin ternyata bisa diperoleh dengan cukup mudah yakni menggunakan cara minning atau istilahnya ditambang. Karena merupakan mata uang digital, maka cara penambangannya juga menggunakan alat-alat digital pun teknologi canggih. Untuk dapat melakukan penambangan atau minning Bitcoin, setidaknya pengguna harus memiliki PC dengan syarat berspesifikasi tinggi dan beberapa komponen seperti GPU, RAM, power supply, adapter, dan lain sebagainya wajib diperhatikan.

Meskipun sudah menggunakan teknologi canggih, tapi bukan berarti pengguna langsung dapat menambang Bitcoin dengan mudah. Melainkan prosesnya juga membutuhkan perhitungan yang semakin hari semakin sulit. Pasalnya, semakin banyak blockchain yang dipecahkan maka makin rumit pula proses pemecahan kodenya. Dan proses pemecahan kode ini memerlukan teknologi dengan komputasi tinggi. Oleh sebab itu, komponen-komponen seperti GPU, RAM dan lain sebagainya sangat perlu diperhatikan untuk dapat digunakan sebagai salah satu syarat menambang Bitcoin. Adapun berikut ini adalah spesifikasi PC yang dibutuhkan untuk minning atau menambang Bitcoin.

  • Spesifikasi PC Untuk Mining Bitcoin

Perlu diketahui bahwa PC yang digunakan untuk melakukan mining atau menambang Bitcoin tidak terlalu mementingkan komponen prosesor. Tapi lebih kepada komponen seperti GPU, RAM, power supply, adapter, dan lain-lain seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

1. Motherboard dan RAM

Image: pexels.com

Motherboard adalah salah satu komponen paling utama yang diperhatikan untuk melakukan proses mining Bitcoin. Motherboard ini tentunya juga berperan untuk menambah kinerja PC yang dijadikan sebagai penambang Bitcoin. Maka dari itu, pilihlah motherboard terbaik yang dapat menampung banyak adapter serta slot RAM. Adapter ini nantinya digunakan untuk mengisi slot PCIe yang akan disambungkan ke GPU. Dan slot RAM yang dibutuhkan minimal 8GB DDR4 untuk dapat melakukan prosesi mining.

*Baca juga: Kenali 7 Tempat Trading Bitcoin Terpercaya dan Mudah

2. GPU

Image: game-debate.com

Selain motherboard, GPU juga menjadi komponen penting yang perlu diperhatikan. Jadi sangat disarankan bagi pengguna untuk memakai GPU berkualitas dan berperforma tinggi dari merek NVIDIA atau AMD. Serta gunakan GPU yang memiliki waktu proses cepat sekitar 600 MH/Sec. Karena setidaknya untuk menambang Bitcoin, pengguna membutuhkan minimal 6 buah GPU berjenis sama dan nantinya akan digabungkan sebagai sumber utama proses penghitungan untuk memecahkan kode-kode blockchain.

3. Power Supply

Image: gallery.autodesk.com

Power supply bertegangan tinggi juga harus dipersiapkan untuk menunjang kinerja PC tambang Bitcoin. Pengguna setidaknya harus mempunyai power supply yang dapat mendistribusikan listrik ke 6 gabungan GPU tadi. Untuk melakukan mining Bitcoin tentu saja membutuhkan watt dan biaya yang besar. Minimal tenaga yang digunakan mencapai 1500 watt dan ini digunakan nonstop 24 jam. Selain itu, proses mining tidak dapat terhenti sewaktu-waktu, maka apabila terjadi mati lampu otomatis perhitungan kode harus diulang demi mendapatkan Bitcoin.

*Baca juga: Mengenal Bitcoin, Mata Uang Virtual yang Dibicarakan Banyak Media

  • Perhitungan Keuntungan Mining Menurut Jenis GPU

Semakin tinggi spesifikasi GPU sebuah PC Bitcoin maka semakin besar juga keuntungan yang didapat perharinya. Tentu saja hal ini serta tidak lepas dari biaya besar yang sudah dikeluarkan. Berikut ini adalah tabel perbandingan antara biaya dan pendapatan perhari menurut estimasi yang diulas di blog.dimensidata , antara lain

GPU HARGA SATUAN TOTAL BIAYA PENGGUNAAN LISTRIK PENDAPATAN PER HARI
6x RX 580 4gb $255 $2230 960 Watt $19,25
6x RX 580 4gb $280 $2380 1080 Watt $19,75
6x RX Vega 56 $650 $4600 1250 Watt $37,20
6x RX Vega 64 $680 $4780 1500 Watt $38,00
6x GTX 1070 TI $449 $3384 1000 Watt $23,10
6x GTX 1080 $510 $3760 1080 Watt $25,80
6x GTX 1080 TI $710 $5020 1350 Watt $36,00

Adapun tanda ‘6x’ yang terdapat sebelum nama GPU tersebut berarti adalah banyaknya 6 (enam) unit. Dan jikalau kita tinjau dari biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan perangkat GPU itu sangat mahal. Belum lagi dihitung dengan biaya RAM, komputer, power supply, listrik, dan lain sebagainya. Perhitungan di atas hanyalah perkiraan, bisa jadi harga aslinya lebih mahal atau justru sebaliknya.

  • Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Ketika anda memutuskan ingin merakit PC untuk mining Bitcoin, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selain dari spesifikasi komputer dan teknologi. Yakni dari segi penggunaan ruangan dari tempat operasi juga perlu diperhatikan. Ruangan sepatutnya harus selalu dalam keadaan dingin, memiliki sirkulasi udara yang baik, serta hindari ruangan berdebu.

Tingkat suhu ruangan juga tidak kalah penting. Sebab, gabungan atau rangkaian 6 GPU yang bekerja secara bersamaan tentu memancarkan panas. Oleh sebab itu jika tidak didinginkan, maka bisa jadi terjadi kerusakan pada bagian GPU. Untuk menghindari tersebut, pasang kipas angin listrik dengan udara yang stabil atau jika perlu gunakan AC ruangan. Namun tingkat suhu AC serta harus diperhatikan, gunakanlah suhu sekitar 16 sampai 18 derajat celcius guna menghindari pengembunan.

*Baca juga: 7 Mata Uang Digital Termahal Hingga Kini Mengalahkan Harga Dollar

Di bawah ini adalah video cerita sukses dari para penambang Bitcoin:

***

Perlu diketahui, Indoworx tidak hanya menyajikan informasi-informasi bermanfaat saja, tapi kami juga menyediakan keperluan hosting, domain, SSL, dan lain sebagainya yang tentunya akan sangat membantu untuk kinerja website anda. Jika anda berminat, maka bisa langsung buka di beranda website kami, yaitu Indoworx.com. Sekaligus jangan lupa untuk mengunjungi zonakuota.com untuk membeli pulsa dan kuota secara online.

-R.S.A-

Rifaldo Surya Abdi:
Related Post
Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.