X
    Categories: Blog

Jarang Diketahui? Ternyata ini Fungsi Tonjolan di Huruf F dan J

Teknologi memang menjadi benda yang tidak luput dari kehidupan manusia terlebih di zaman yang serba maju seperti sekarang ini. Namun meskipun kita telah menggunakan dan tidak asing lagi dengan berbagai teknologi, tapi bisa jadi banyak fungsi yang belum ketahui dari teknologi bersangkutan. Salah satunya adalah fungsi rahasia yang terdapat pada keyboard komputer, yang mana huruf ‘F’ dan ‘J’ selalu ada tonjolan seperti gambar di bawah ini.

Image: rizal65.wordpress.com

Tonjolan tersebut tentu saja memiliki fungsi dan rupanya banyak pengguna yang belum mengetahui fungsi tonjolan tersebut secara pasti. Terbukti, Frank Edward McGurrin telah memanfaatkan penggunaan tonjolan tersebut sejak lama bahkan sejak beberapa dekade yang lalu. Kendati demikian, berikut ini adalah fungsi tonjolan kedua huruf tersebut secara rinci.

  • Fungsi Tonjolan Huruf F dan J

Image: howold.co Frank Edward McGurrin

Pada tahun 1888 silam, Frank Edward McGurrin ternyata menggunakan tonjolan tersebut untuk memudahkan proses pengetikan tanpa harus melihat ke arah masing-masing tombol yang ada di keyboard. Tentu saja cara ini digunakan untuk memudahkan orang-orang yang mempunyai kemampuan mengetik super cepat. Melakukannya pun mudah, hanya dengan meletakkan ke dua jari telunjuk ke tombol tersebut secara searah, maka dengan mudah kita bisa mengarahkan jari-jari lain ke tombol-tombol lain pula dengan mudah. Apalagi jika anda sudah menguasai teknik mengetik dengan 10 jari, pastinya hal ini sangat mudah untuk dilakukan. Intinya, Frank Edward McGurrin membuat desain tonjolan pada huruf F dan J adalah untuk memudahkan pengguna dalam mengetik terlebih dari segi kecepatan dan efisiensi.

*Baca juga: Sejarah Keyboard QWERTY, Awal Mula Digunakannya di Semua Keyboard

Kedua tonjolan tersebut tidak hanya berguna untuk mengenali letak tombol-tombol huruf saja, melainkan juga mempermudah jari kita untuk mengenali letak tanda baca yang ada pada tombol keyboard. Tidak hanya berguna untuk orang-orang yang piawai saja, cara ini juga mempermudah seseorang yang ingin belajar mengetik dengan 10 jari atau yang lebih dikenal dengan istilah ‘Touch Typing’. Meskipun tonjolan tersebut terlihat sederhana tapi ternyata fungsinya sangat luar biasa.

*Baca juga: Inilah Jenis-Jenis Keyboard Selain QWERTY yang Jarang Diketahui

Pada tahun 2002 lalu, akhirnya tonjolan pada huruf F dan J secara resmi dipatenkan oleh June E. Botich asal Naples, Florida. Tidak heran tonjolan tersebut hingga sekarang masih hadir di komputer-komputer modern. Sayangnya tidak banyak pengguna komputer yang mengetahui hal kecil dengan fungsi luar biasa ini.

Ada beberapa manfaat sekaligus fungsi tonjolan yang ada pada huruf F dan J secara ringkas, yang antara lain;

  1. Memudahkan pengguna untuk belajar mengetik dengan teknik 10 jari.
  2. Tonjolan itu juga bisa menjadi pedoman bagi mereka yang telah ahli dalam mengetik 10 jari dan tentu untuk memudahkan dalam megetahui posisi-posisi tombol huruf.
  3. Memudahkan untuk mengetahui letak dan posisi tombol tanda baca yang diperlukan dalam pengetikan.

Letakkan jari-jari tangan kiri anda (dimulai dari kelingking) pada huruf A – S – D – F dan J – K – L – ; pada jari-jari tangan kanan. Kemudian kedua jari jempol diletakkan pada tombol Space. Begitulah cara memenfaatkan fungsi tonjolan pada huruf F dan J dalam metode McGurrin.

Tentu saja hal ini akan sangat bermanfaat untuk sekretaris, ahli komputer, hingga juru ketik dan mempurmudah menyelesaikan pekerjaan. Dan tonjolan-tonjolan tersebut berperan sebagai penanda atau assistance saat mengenali lokasi tombol huruf maupun tanda baca.

*Baca juga: Begini Sejarah Panjang Perkembangan Komputer Dari Generasi ke Generasi

***

Perlu diketahui, Indoworx tidak hanya menyajikan informasi-informasi bermanfaat saja, tapi kami juga menyediakan keperluan hosting, domain, SSL, dan lain sebagainya yang tentunya akan sangat membantu untuk kinerja website anda. Jika anda berminat, maka bisa langsung buka di beranda website kami, yaitu Indoworx.com. Sekaligus jangan lupa untuk mengunjungi zonakuota.com untuk membeli pulsa dan kuota secara online.

-R.S.A-

Rifaldo Surya Abdi:
Related Post
Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.