X
    Categories: Blog

Jenis-Jenis Mouse yang Pernah Digunakan Dari Tahun Ke Tahun

Image: pexels.com

Tidak lengkap rasanya jika sebuah komputer tidak dilengkapi dengan media hardware yang bernama Mouse. Sebab, hardware yang satu ini memang sangat berguna sebagai alat petunjuk di dalam komputer.

Mouse adalah salah satu hardware komputer yang menerima input berupa gerakan, tekanan tombol (klik), dan penggulungan (scroll) yang dapat digunakan untuk memilih teks, icon, file dan folder. Nama mouse (tikus) sendiri dipilih karena memang bentuk hardware yang satu ini sedikit menyerupai tikus. Itulah alasan mengapa hardware ini diberi nama dengan mouse, yang artinya dalam bahasa indonesia adalah “tikus”.

Selain itu, Mouse itu sendiri telah banyak melalui perkembangan dan perubahan yang sangat pesat dari tahun ke tahun. Boleh dikatakan jika dulu hardware yang satu ini hanya memiliki bentuk yang monoton. Tapi akhir-akhir ini mouse telah memiliki bentuk dan variasi yang beragam, salah satunya adalah varian mouse untuk para pemain game yang biasa disebut dengan; Mouse Gaming. Mouse tersebut merupakan salah satu perkembangan yang telah ditempuh oleh hardware yang satu ini.

Dibalik perkembangan mouse yang signifikan dari tahun ke tahun, ternyata ada beberapa jenis mouse yang mungkin anda tidak ketahui. Maka demikian, berikut ini adalah jenis-jenis mouse yang akan kita bahas sebagai berikut.

1. Mechanical Mouse

Image: information-on-computer.blogspot.co.id

Salah satu ciri Mechanical Mouse yakni mempunyai komponen yang mirip sekali dengan bola di bagian bawahnya. Bagian mirip bola itu juga ternyata bisa bergerak ke segala arah. Dan ketika bola tersebut sedang bergerak, maka sensor yang terdapat di dalam mouse akan mendeteksi arah pergerakan bola dan mengisyaratkannya ke monitor dengan gerakan yang sama.

Terlepas dari itu, mouse jenis ini sempat populer dan banyak ditemui di sekitaran tahun 2008an. Namun sayang, sekarang ini mouse bertipe mechanical sudah jarang ditemukan di pasaran. Pasalnya, mouse seperti ini telah tergantikan oleh beragam teknologi mouse yang berjenis lebih modern dan dinilai lebih efisien.

Ada satu hal dari mouse ini yang kekurangannya tergambar cukup jelas, yaitu anda harus selalu menggunakan mouse pad sebagai alas mouse saat mengoperasikannya. Jika tidak, maka bola yang ada pada mouse tidak akan bisa bergerak leluasa, sehinga hal ini membuat pointer anda tidak dapat menunjuk ke tempat yang semestinya anda inginkan.

2. Optomechanical Mouse

Image: nesabamedia.com

Pada dasarnya, Optomechanical Mouse memiliki prinsip yang sama dengan mechanical mouse. Selain mempunyai komponen yang mirip dengan bola, ternyata mouse berjenis ini juga terdapat sinar yang merepresentasikan posisi koordinat pointer. Dan kelebihannya dibandingkan dengan mechanical mouse yakni adalah mouse tipe ini memiliki keakuratan yang lebih tinggi.

*Baca juga: Serangan Bug Prosesor Meltdown dan Spectre Beserta Cara Mengatasinya

3. Optical Mouse

Image: quora.com

Mouse ini sudah tidak memakai komponen yang mirip dengan bola lagi. Melainkan optical mouse menggunakan sinar laser untuk mendeteksi pergerakan mouse. Dan teknologi yang terdapat pada optical mouse serta membuat kinerjanya jauh lebih presisi dibandingkan dengan dua tipe mouse sebelumnya.

Hebatnya, mouse ini juga bisa dipakai tanpa memerlukan mouse pad.

4. Bus Mouse

Image: worthpoint.com

Mouse seperti ini dapat terkoneksi ke PC melalui bus, dan mouse ini digunakan untuk pertama kali kala diluncurkannya komputer IBM untuk umum. Sudah dikatakan bahwa mouse ini dapat terkoneksi ke PC melalui perangkat bus yang telah terintegrasi pada ISA add-in card.

5. Serial Mouse

Image: wikipedia.org

Meskipun sudah jarang atau mungkin sudah sama sekali tidak beredar, namun mouse jenis ini sempat populer di awal masa penggunaannya. Mouse ini dapat terkoneksi ke PC hanya dengan disambungkan melalui serial port, merupakan sebuah media komunikasi digital yang mana sinyalnya dikirimkan dengan cara bit per bit.

*Baca juga: Simak! 7 Situs Freelance Terpercaya yang Wajib Anda Ketahui

Kendati demikian, port yang digunakan biasanya adalah port berjenis D dengan 9 pin (DB9M), yang umumnya terdapat di bagian belakang motherboard.

6. PS/2 Mouse

Image: ebay.com

Mouse ini diluncurkan pertama kali pada tahun 80an, dan sempat booming di tahun 1987. Namun sekarang ini, PS/2 Mouse sendiri sudah sangat jarang dijumpai di pasaran. Dan biasanya, mouse bertipe seperti ini menggunakan konektor berupa 6-pin mini-din.

7. USB Mouse

Image: memoryc.com

Mouse berjenis ini sebenarnya sama saja dengan mouse versi sebelumnya, hanya saja terdapat sedikit perbedaan di bagian port-nya. Pasalnya, mouse yang satu ini sudah menggunakan port USB untuk menghubungkan mouse itu sendiri ke PC. Mouse dengan port USB pertama kali diproduksi pada tahun 90an. Dan rasanya masih digunakan hingga sekarang ini.

8. Wireless Mouse

Image: kanbkam.com

Hampir semua teknologi yang menggunakan kabel dan bersangkutan dengan komputer telah berevolusi di jalur wireless, termasuk juga mouse. Artinya, semua hal yang berhubungan dengan wireless pastinya tidak memerlukan kabel untuk menghubungkannya dari satu perangkat ke perangkat lain. Dan begitu juga dengan mouse berjenis wireless, yang tidak memerlukan kabel sama sekali untuk mentranmisikan sinyal pergerak, melainkan hanya menyalurkan sinyal pergerakan tersebut melalui wireless yang diterima receiver device pada chip.

*Baca juga: Alibaba.com – Belajar Dari Perjuangan dan Kesuksesan Jack Ma

-R.S.A-

Rifaldo Surya Abdi:
Related Post
Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.