X
    Categories: Blog

10 Plugin yang Wajib Dipasang di WordPress Anda

Wordpress Ilustration

WordPress secara gratis sudah banyak menyediakan plugin-plugin yang dirasa sangat bermanfaat untuk melengkapi keperluan blog. Selain itu, dengan menggunakan plugin, pekerjaan kita mengurus blog juga akan menjadi lebih mudah.

Dari ratusan ribu plugin yang disediakan oleh WordPress, mungkin sedikitnya ada 10 plugin yang wajib diinstal di blog anda. Bahkan, plugin-plugin tersebut harus ada di blog WordpPress kesayangan anda.

Apa saja plugin yang wajib diinstal tersebut? Berikut ini adalah10 Plugin yang wajib dipasang di WordPress anda:

1. WordPress Seo by Yoast

Image: rudinazar.com

SEO adalah usaha yang harus dilakukan untuk menunjang blog guna dapat bersaing di mesin pencari. Dengan melakukan SEO yang benar dan baik, maka cepat atau lambat artikel maupun konten yang kita buat akan tampil di halaman pertama mesin pencarian.

Kendati demikian, untuk memperbaiki SEO blog di wordpress, saya rekomendasikan memakai WordPress Seo by Yoast. Selain mudah digunakan, plugin ini juga memberikan fitur yang lengkap, sedikitnya seperti dapat memfokuskan keyword, mengganti permalink, dan lain-lainnya.

2. Akismet

Image: dream.io

Terkadang ada-ada saja orang yang iseng dengan blog kita. Bahkan, sampai-sampai memberikan komentar spam di salah satu postingan kita. Komentar Spam memang bisa dihapus, namun jika itu banyak pasti akan memakan waktu.

Oleh sebab itu, untuk menghemat waktu dan supaya tidak khawatir lagi tentang komentar spam dan yang berbau spam-spam lainnya. Hanya ada satu rekomendasi kami untuk plugin dalam kategori ini, yakni Akismet, merupakan plugin yang biasanya sudah langsung terinstal ketika WordPress anda baru dibuat. Jadi kita hanya tinggal mengaktifkannya saja.

Adapun fitur-fitur yang diberikan Akismet antara lain;

  • Dapat mendeteksi dan menghapus komentar spam secara otomatis
  • Database spammer terbesar dan terlengkap

3. BackWpup

Image: wmwebdesign.co.uk

Kata pepatah: Sedia payung sebelum hujan. Pepatah tersebut juga berlaku untuk kesehatan blog. Meskipun kita tidak pernah menginginkannya, tapi siapa tahu kedepannya ada hal buruk yang menimpa blog kita.

Oleh sebab itu, agar nantinya data-data di blog kita tidak hilang, ada baiknya berjaga-jaga dengan membackup database kita ke dalam memori. Dan mengenai plugin itu, serahkan saja urusannya kepada BackWpup.

4. EWWW Image Optimizer

Image: nulledlab.com

Terkadang gambar-gambar yang sering kita unggah ke blog itu tidak optimal. Bahkan ukurannya bisa dibilang terlalu besar. Hal tersebut nantinya akan berdampak besar dengan penyimpanan hosting blog kita.

Kendati demikian, dengan menggunakan EWWW Image Optimizer, kita dapat sedikit menghemat penyimpanan yang ada di hosting kita. Pasalnya, dengan plugin ini, kita dapat memperkecil ukuran gambar menjadi ringan tanpa harus mengubah kualitas gambar tersebut.

Cara kerjanya seperti ini, misalnya anda mengunggah gambar JPG berukuran 1 MB, maka dengan menggunakan plugin ini, gambar tersebut secara otomatis akan mengecil ukurannya menjadi 100 KB, atau 50 KB saja.

5. iThemes Security

Image: wpdean.com

Tidak hanya rumah saja yang memerlukan pengamanan, ternyata blog yang anda buat juga butuh pengamanan dari hacker, virus atau yang lainnya. Dengan fitur yang disediakan iThemes Security, dijamin blog anda semakin kuat pengamanannya.

Karena dengan plugin ini, secara otomatis blog anda dapat memblokir alamat IP yang mencurigakan, men-scan virus, dan fitur-fitur yang lainnya juga sangat berharga.

Selain itu, iThemes Security juga mempunyai fungsi-fungsi lain seperti:

  • Memberitahu lewat email ketika ada yang login ke blog anda
  • Login 2 tahap dengan Google Auhenticator
  • Scan file malware dengan penjadwalan otomatis
  • Dapat memblokir alamat IP tertentu
  • Mengubah alamat URL dashboard
  • Menutup halaman dashboard dalam jam-jam tertentu

6. Loginizer

Image: wordpress.org

Loginizer biasanya sudah disediakan oleh pihak WordPress secara default ketika pertama kali blog anda dipasang. Aplikasi ini sangat penting untuk keamanan blog anda. Karena plugin ini memberikan fitur penguncian otomatis jika ada seseorang yang salah memasukan info login sebanyak tiga kali.

7. SumoMe

Image: sumo.com

SumoMe menyediakan banyak fitur untuk blog anda, salah satunya memberikan kemudahan kepada pengunjung blog apabila ingin membagikan artikel anda ke sosial media miliknya. Meskipun desainnya tidak terlalu banyak, namun fitur share yang ada di SumoMe dapat dikatakan cukup lengkap.

Seperti yang dikutip dari panduanim.com menyebutkan bahwa ada beberapa macam fitur-fitur Share yang disediakan oleh SumoMe, antara lain di bawah ini:

  • 13 penempatan tombol social share, termasuk di awal/akhir konten dan tombol yang ikut turun ketika halaman di scroll
  • Tombol share khusus mobile yang bisa diatur supaya menampilkan social media yang berbeda dengan desktop (premium)
  • Statistik harian
  • Tombol share di atas gambar
  • Tombol share yang muncul ketika pengunjung memblok tulisan

8. W3 Total Cache

Image: thewebmaster.com

Jika diibaratkan, Cache itu bisa dibilang semacam sampah yang ikut memberatkan penyimpanan yang tersedia di hosting kita. Oleh karena itu, W3 Total Cache akan membantu anda untuk membersihkan cache-cache yang ada di blog anda. Selain itu, dengan plugin ini akses ke blog anda juga akan menjadi lebih cepat dan ringan.

9. Wp-Page Navi

Image: dimox.net

Sebenarnya plugin ini tidak diinstal juga tidak apa-apa. Pasalnya, Wp-Page Navi hanya berfungsi memperindah navigasi yang ada di blog anda.

10. Contact Form 7

Image: notesonclick.com

Sebagai seorang blogger pasti anda sudah tidak asing lagi dengan halaman Kontak. Halaman ini berfungsi sebagai sarana di mana pengunjung blog dapat terhubung atau berinteraksi dengan pemilik blog secara langsung.

Oleh sebab itu, untuk memudahkan pengunjung blog anda mengirimkan pesan kepada anda, maka biasanya perlu disediakan sebuah kolom.

Kolom tersebut biasanya berisi nama, pesan, nama pengirim, dan isi pesan yang ingin disampaikan. Untuk membuat kolom tersebut, anda membutuhkan sebuah plugin bernama Contact Form 7.

Rifaldo Surya Abdi:
Related Post
Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.