X
    Categories: Blog

8 Situs Penyedia Layanan Blog Gratis yang Memiliki Sejuta Fitur

Memang ada banyak situs yang menyediakan layanan untuk membuat blog di internet, ada yang menyediakannya secara berbayar, dan ada pula yang menyediakannya secara cuma-cuma, alias gratis. Baiknya, layanan tersebut bisa anda gunakan sepenuhnya, walaupun layanan tersebut disediakan dengan gratis.

Sayangnya, dari kebanyakan situs tersebut, orang-orang lebih familiar dengan layanan Blogger/ WordPress saja. Padahal masih ada banyak layanan blog gratis yang tersedia selain dua nama tersebut.

Maka demikian, inilah beberapa layanan blog gratis yang bisa anda gunakan sesuka hati (termasuk Blogger dan WordPress) dan juga memiliki sejuta fitur.

1. Weebly.com

Image: aztechbeat.com

Salah satu layanan penyedia blog gratis adalah weebly. Selain bisa digunakan dengan mudah, Weebly rasanya juga banyak menyediakan template menarik dan sederhana. Layanan ini juga dilengkapi dengan fitur drag and drop, tentunya guna memudahkan anda dalam mengoperasikan layanan ini.

*Baca juga: Cara Memilih Penyedia Layanan Hosting yang Baik dan Benar

Dengan adanya keunggulan tersebut, weebly memungkinkan anda untuk membangun website yang bagus tanpa harus pusing memikirkan masalah tampilan. Hal itu karena Weebly merupakan salah satu platform blog gratis yang memiliki desain profesional.

2. Tumblr.com

Image: akamaized.net

Tidak salah apabila kita sebut platform yang satu ini sebagai penyedia layanan blog gratis termudah yang paling ada. Hal itu dikarenakan pembuatannya saja hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat, yakni kurang lebih satu menit saja maka blog anda sudah dapat digunakan.

Terlepas dari itu, selain dapat menulis seperti blog umumnya, Tumblr juga menyediakan fasilitas yang berbeda dengan penyedia blog gratis lainnya. Sebab, dalam Tumblr, anda akan mempunyai halaman timeline mirip Twitter, yang mana anda bisa memfollow akun blog orang lain agar postingannya tampil di timeline blog anda.

3. Medium.com

Image: medium.com

Medium merupakan salah satu platform yang memfasilitasi siapa saja untuk membuat blog secara gratis di situs mereka. Namun sepertinya blog yang satu ini memang dikhususkan untuk orang-orang yang suka dalam dunia tulis menulis saja. Sebab, Medium tidak mengijinkan anda memasang iklan atau menyisipkan Javascript di blog mereka. Secara tidak langsung artinya, anda tidak bisa mendapatkan uang dari iklan.

Selain itu, blog yang ada di platform ini rasanya juga sengaja didesain dengan sangat minimalis. Agar semua orang tidak kebingungan ketika ingin membuat blog di layanan ini.

Oleh sebab itu, jika anda adalah seseorang yang hobi menulis, maka tidak ada salahnya untuk mencoba dan membuat blog gratis di Medium.

4.Blog.com

Image: samblogs.com

Fasilitas gratis yang diberikan Blog.com juga sangat beragam, seperti menawarkan fitur pilihan template dengan layout berbeda-beda, menawarkan fitur top level domain (TLD). Bahkan, Blog.com juga memginijinkan penggunananya mencari uang (earn money) dengan blognya tersebut, namun hal ini dikhusukan untuk akun premium (berbayar) saja.

5.Blogdetik.com

Image: rullysblog.wordpress.com

Blogdetik sendiri merupakan penyedia blog gratis yang dicetuskan oleh media online berbasis berita, yaitu Detik.com. Artinya, platform yang satu ini lahir di tanah air sendiri.

Selain itu, Blogdetik juga menyediakan banyak panduan bagi para pemula agar para pengguna tidak kebingungan saat menggunakan blog mereka. Hingga kini, pengguna yang bergabung di Blogdetik mungkin sudah lebih dari ribuan orang di seluruh Indonesia.

*Baca juga: Alasan yang Membuat Pengunjung Meninggalkan Blog Anda

Menariknya di Blogdetik anda juga akan lebih mudah mendapat banyak teman. Pasalnya, mayoritas pengguna blogdetik adalah masyarakat Indonesia sendiri. Jadi mungkin saja, anda menemukan salah satu blogger blogdetik yang rumahnya dekat anda. Dengan begitu, anda bisa mengenal lebih banyak orang, pun dapat berbagi pendapat sesama pengguna.

6. Blogger.com

Image: webmarketingpros.com

Kalau yang satu ini merupakan situs penyedia layanan untuk membuat blog gratis paling terkenal dari yang lainnya. Rasanya, hampir tidak ada blogger yang tidak mengenal platform yang satu ini. Bahkan, Blogger.com juga memiliki pengguna terbanyak daripada layanan blog lainnya, serta Blogger. com juga dikembangkan oleh perusahaan besar, Google.

Selain mudah digunakan, layanan ini juga menyediakan berbagai template yang akan membuat blogmu terasa profesional. Menariknya, pihak pengembang juga memperbolehkan penggunanya untuk menampilkan iklan dan Javascript–javascript apapun yang ada.

7. WordPress.com

Image: googlegsuite.wordpress.com

WordPress merupakan platform membuat blog gratis yang sangat cocok bagi pemula. Yang mana pada halaman postingnya pihak pengembang telah menerapkan sistem WYSIWYG sehingga dapat digunakan oleh orang awam yang sama sekali tidak mengenal bahasa program dan HTML.

*Baca juga: 13 Toko Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

8. Ghost.org

Image: blazemeter.com

Yang terakhir akan kita bahas adalah Ghost, merupakan platform blog gratis yang mungkin akan menjadi pesaing berat bagi WordPress dan Blogger. Pasalnya, meskipun layanan ini terbilang baru, namun Ghost memiliki banyak pengguna yang meningkat signifikan.

Rifaldo Surya Abdi:
Related Post
Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.