X
    Categories: Blog

Pengertian dan Manfaat Cloud Computing Yang Wajib Anda Ketahui

Ilustrasi Cloud Computing

Pengertian dan Manfaat Cloud Computing – Di era informasi yang serba digital ini memang keberadaan Cloud computing sudah menjadi hal yang sudah tidak lagi terelakan, pasalnya dengan menggunakan Cloud computing ini maka semua program atau aplikasi yang berjalan di Internet jauh lebih mudah, Tapi perlu anda ketahui bahwa tidak semua aplikasi atau program yang berjalan di Internet pasti menggunakan Cloud computing, namun keberadaan Cloud computing hanya digunakan untuk sebuah sarana untuk menjalankan sebuah aplikasi Tambahan.

Secara umum menurut para ahli menyatakan, bahwa definisi dari Cloud computing ini adalah gabungan dari semua pemanfaatan teknologi komputer dan aplikasi yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.

Sistem Cloud bekerja menggunakan internet sebagai server dalam mengolah data. Sistem cloud computing ini memungkinkan pengguna untuk login ke internet yang tersambung ke program untuk menjalankan aplikasi yang dibutuhkan tanpa melakukan instalasi. ada banyak sekali manfaat dari Cloud Computing ini, nah berikut beberapa manfaat dari Cloud Computing yang wajib anda ketahui

  1. Semua Data Tersimpan di Server Secara Terpusat

Manfaat Cloud Computing yang pertama adalah dapat memudahkan penggunanya dalam menyimpan data secara terpusat di salah satu server berdasaarkan layanan yang disediakan oleh layanan Cloud Computing itu sendiri, dengan kata lain dengan menggunakan Cloud Computing maka secara otomatis semua data termasuk file, dokumen dan aplikasi yang digunakan secara otomatis tersimpan di server secara terpusat dengan menggunakan storage file.

  1. Menjamin Keamanan Data Penggunanya.

Selain mampu menyimpan data dalam satu server secara terpusat, manfaat lain yang dimiliki oleh Cloud Computing adalah mampu menjami keamanan data penggunanya,  perlu anda ketahui bahwa Cloud Computing menjamin Keamanan data pengguna dapat disimpan dengan baik dan aman lewat server yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing seperti jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dan lain lain, nah oleh sebab itu jika anda ingin memiliki sebuah layanan yang menjamin keamanan data penggunanya maka tidak ada salahnya jika anda menggunakan Cloud Computing ini.

  1. Fleksibilitas dan Skalabilitas yang Tinggi

Manfaat Cloud Computing yang selanjutnya adalah menawarkan fleksibilitas dengan kemudahan data akses, saat menggunakan cloud computing maka fleksibilitas dan skalabitlitas catatan penggunanya dapat terjamin, selain itu juga dengan menggunakan cloud computing maka anda tidak perlu meningkatkan atau mengurangi kapasitas penyimpanan data, dengan kata lain semua file dan dokumen yang anda miliki akan secara otomatis tersimpan dalam database cloud computing tersebut.

  1. Memberikan Jaminan Investasi Jangka Panjang

Manfaat Cloud Computing yang terakhir adalah Memberikan Jaminan Investasi Jangka Panjang, Pasalnya saat anda menggunakan layanan cloud computing ini maka seluruh biaya seperti penggunaan hardisk, infrastruktur dan juga software lain dapat berkurang, hal ini dikarenakan cloud computing sudah mencakup semua penggunaan yang dibutuhkan oleh penggunanya.

Secara umum ada banyak sekali perusahaan yang sudah menerapkan penggunaan Cloud Computing ini, seperti Amazon, Kaskus, Facebook dan perusahaan IT lainnya, mereka bekerja sama dengan layanan cloud hosting lewat aplikasi Google Drive, IBM lewat Blue Cord Initiative dan juga Microsoft.

Mungkin hanya itu penjelasan saya mengenai Pengertian dan Manfaat Cloud Computing Yang Wajib Anda Ketahui, semoga dengan penjelasan saya diatas berguna bagi pembaca sekalian, semoga bermanfaat.

Hendri Kurniawan:
Related Post
Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.