X
    Categories: Blog

8 Cara Membuat Tulisan Berkualitas Untuk Blog Anda

Membuat artikel berkualitas memang tidak segampang membalikan telapak tangan. Para penulis harus memutar otak agar tulisan mereka bisa dikatakan sebagai tulisan berkualitas dan nyaman ketika dibaca.

Tulisan berkualitas tidak hanya berlaku bagi penulis buku, penulis koran, dan penulis majalah saja. Namun tulisan berkualitas juga berimbas kepada para blogger, yang sekarang ini sibuk berlomba-lomba untuk membuat tulisan berkualitas sehingga menjadi artikel yang berkualitas pula.

Dengan tulisan dan artikel yang berkualitas, peluang masuk halaman pertama mesin pencarian juga akan menjadi mudah. Meskipun begitu, tetap saja membuat tulisan berkualitas itu tidak mudah.

Oleh sebab itu, kami disini ingin memberikan beberapa cara membuat tulisan berkualitas untuk blog anda.

Apa saja cara tersebut?

Inilah 8 cara membuat tulisan berkualitas untuk blog anda. Berikut;

1. Buat Judul Semenarik Mungkin

Salah satu hal yang paling penting dalam sebuah tulisan adalah judul.

Judul merupakan jantung dari sebuah artikel. Dan apabila ingin membuat artikel yang berkualitas, maka lebih dulu buat judul semenarik mungkin.

Judul yang menarik dalam artian, judul yang mengundang rasa penasaran, judul yang unik, judul yang kontroversial, judul tentang sesuatu yang sedang tren, judul tentang perbandingan suatu hal dengan yang lain.

Pembuatan judul jangan dianggap remeh. Karena dalam sebuah artikel, judul berperan penting untuk menarik minat para pembaca.

2. Banyak-banyak Membaca/ Perbanyak Riset

Banyak membaca juga mempengaruhi kualitas tulisan yang akan anda tulis, karena semakin banyak anda membaca—melakukan riset untuk keperluan artikel—maka karya tulis anda akan menjadi lebih berbobot.

Selain itu, melakukan riset sebelum membuat artikel juga membuat anda lebih mudah dalam mengembangkan ide. Bahkan, melakukan riset sebelum membuat artikel juga membuat anda semakin menguasai topik yang ingin anda tulis.

Oleh sebab itu, melakukan riset merupakan salah satu hal yang paling berguna untuk membuat tulisan yang berkualitas. Hal ini juga membuat tulisan anda terkesan profesional dan tidak asal-asalan karena anda sudah mengerti tentang topik tersebut.

3. Pastikan Anda Mengerti Kebutuhan Pembaca

Membuat judul menarik dan melakukan riset saja tentu tidak cukup untuk mengatakan tulisan yang anda buat itu berkualitas. Anda juga harus paham betul dengan kebutuhan para pembaca.

Apa yang mereka cari dalam tulisan anda? jawaban seperti apa yang menjawab rasa penasaran mereka dari tulisan anda?

Misalkan, banyak orang yang menyukai tentang teknologi dan memerlukan berita baru tentang teknologi, maka tulislah tentang berita teknologi. Dari kabar-kabar terbaru hingga tips dan trik mengenai sebuah teknologi. Berikan informasi yang lengkap guna menjawab kebutuhan para pembaca artikel anda.

Adapun jika anda bingung dengan apa yang dicari oleh pembaca?

Tidak ada salahnya untuk mengunjungi media-media internet lainnya dan bacalah salah satu artikel yang paling banyak dikomentari.

Baca komentarnya, jika mereka mengharapkan jawaban atau jalan keluar atas sebuah topik, maka tulislah jawaban tersebut di blog anda.

4. Promosikan Tulisan Anda

Setelah menemukan jalan keluar atas kebutuhan yang kerap dicari pembaca, maka promosi adalah langkah selanjutnya. Anda bisa melakukan promosi di mana saja, seperti di sosial media, forum online, media online, dan lain-lain.

Rajin-rajinlah mempromosikan artikel anda di sosial media atau media apapun, hal itu merupakan salah satu cara mengantarkan tulisan anda kepada para pembaca.

5. Tulisan Sederhana, Tapi Kaya Dengan Isi

Walaupun sebuah tulisan sejatinya untuk menambah wawasan yang kemudian berdampak pada sisi kecerdasan seseorang. Nyatanya para pembaca saat ini menginginkan sebuah tulisan yang sederhana dan mudah untuk di pahami.

Memang tidak bisa dipungkiri, masyarakat modern sekarang sudah sedikit sekali memiliki waktu untuk membaca. Oleh sebab itu, hindarilah penulisan dengan menggunakan kosakata yang berat, cukup yang mudah-mudah saja asalkan tetap kaya dengan isi.

6. Cerdas Dalam Memilih Topik Bahasan

Sebelum benar-benar mulai menulis, pilihlah terlebih dulu topik bahasan yang dirasa paling tepat. Dalam artian, topik yang benar-benar banyak di minati oleh masyarakat. Meskipun artikel anda super kualitas, tapi jika yang mencari sedikit maka tetap saja percuma.

Misalnya seperti ini: Topik yang membahas batu akik dan topik yang membahas berita film.

Kira-kira mana yang lebih banyak peminatnya?

Karena saat ini batu akik ketenarannya sudah mulai pudar. Bahkan bisa dikatakan sudah benat-benar pudar, otomatis peminat yang mencari artikel ini juga kian menipis.

Berbeda dengan topik berita film.

Rasanya film selalu rilis setiap harinya dari yang bertajuk komedi hingga yang bertajuk horor. Sampai kapanpun, topik yang membahas tentang film tidak pernah sepi peminatnya, karena setiap bulan selalu saja ada film baru yang dirilis oleh Hollywood atau yang dirilis oleh anak negeri sendiri.

Maka dari itu, antara batu akik dan berita film, tentu saja berita film lebih banyak peminatnya.

Kendati demikian, hanya satu pesan saya mengenai cerdas dalam memilih topik bahasan ini, yaitu pikirkan matang-matang mengenai topik bahasan yang ingin anda tulis, pikirkan juga matang-matang apakah topik yang anda pilih tersebut akan selalu dicari oleh para pembaca sampai kapanpun.

7. Menulis Dalam Suasana Tenang

Selanjutnya, menulislah dalam suasana yang tenang.

Kita semua tahu menulis itu bukan perkara mudah, menulis itu memerlukan konsentrasi yang tinggi. Oleh sebab itu, pastikan anda menulis di tempat yang tepat. Tempat yang membuat perasaan anda tenang dan damai.

Di tepi pantai misalnya, atau di bawah pohon. Intinya tempat dan keadaan itu dapat membuat anda benar-benar merasa nyaman.

8. Jika Perlu, Belajar Kepada yang Berpengalaman

Sebenarnya hidup tidak lepas dari belajar. Bahkan untuk menulis pun kita harus belajar. Tidak mudah melahirkan tulisan yang nyaman dibaca, apalagi membuat tulisan yang berkualitas.

Oleh sebab itu, tidak ada yang salah jika kita harus belajar kepada orang yang berpengalaman. Meminta tips dan trik atau sekadar bertanya bagaimana caranya untuk dapat membuat tulisan yang nyaman dibaca. Atau setidaknya kita harus belajar, mencari referensi di media-media internet dan yang lainnya.

 

Rifaldo Surya Abdi:
Related Post
Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.