X
    Categories: Blog

Fungsi dan Kekurangan Flashdisk Sebagai Media Penyimpanan

Image: pcchip.hr

Kemajuan teknologi yang tidak terbendung lagi rasanya banyak memunculkan dampak negatif dan positif bagi umat manusia sendiri. Semua hal yang dulunya merupakan revolusi teknologi, sekarang ini dikembangkan menjadi benda yang tidak pernah terpikirkan oleh manusia awam di masa lalu.

Salah satunya komputer, yang sekarang ini juga turut berkembang menjadi teknologi mutakhir, selain hardware yang dibekali dengan teknologi canggih, software komputer sekarang ini juga terus diperbaharui menjadi titik sempurna.

Tidak sampai disana saja, media penyimpanan pun serta dibuat canggih di era sekarang ini. Melalui perangkat kecil yang disebut flashdisk, maka kita sudah mampu menyimpan data-data penting, termasuk itu buku (ebook) dan lain-lainnya. Bahkan, dengan adanya flashdisk, maka kita tidak perlu repot-repot lagi membawa laptop kesana kemari karena data penting kita sudah dipindahkan di media penyimpanan kecil nan berguna, yakni flashdisk itu.

Meskipun flashdisk cukup membantu untuk menyimpan data-data penting kita secara sementara, namun ternyata media penyimpanan tersebut juga memiliki kekurangan dan kelebihannya, yang akan kita bahas lengkap di bawah ini.

Pengertian Flashdisk – Apa Itu Flashdisk?

Flashdisk adalah salah satu media menyimpanan data portabel yang dapat dihubungkan melalui port USB ke suatu perangkat komputer atau laptop. Sebagai media penyimpanan, pada awalnya keberadaan flashdisk tidak terlalu diperlukan seperti sekarang ini.

Bahkan, pada awalnya ukuran flashdisk diproduksi berkapasitas kecil, yaitu hanya berkapasitas 512 MB saja, dan ukuran seperti itu mungkin bisa kita katakan lebih kecil dari ukuran CD atau DVD – ROM saat ini (700 MB). Kapasitas yang kecil itulah mungkin yang membuat banyak orang tidak terlalu tertarik dengan media penyimpanan ini, pada masa silam.

*Baca juga: Pengertian Subnetting dan Subnet Mask, Teknik Memecah Jaringan

Namun seiring berjalannya waktu, keberadaan flashdisk saat ini sudah menjadi barang wajib bagi siapa saja. Bahkan seseorang yang tidak memiliki komputer maupun laptop juga banyak yang memiliki flashdisk, dengan tujuan untuk menunjang aktivitas seperti bekerja, kuliah, dan juga sekolah.

Melihat hal tersebut, produsen flashdisk akhirnya telah memproduksi serta membesarkan kapasitas dari produknya. Hingga saat ini, flashdisk telah memiliki beragam ukuran kapasitas, mulai dari 8 GB bahkan sampai 32 GB, serta mungkin saja ada kapasitas yang lebih besar dari itu.

Jikalau dulu CD – ROM maupun disket lebih banyak digunakan, maka pada hari ini flashdisk yang lebih banyak digunakan oleh pengguna komputer. Bahkan, media penyimpanan CD – ROM maupun disket sudah jarang ditemui di pasaran. Kalau pun ada, mungkin sudah tidak terlalu laku lagi.

Selain dinilai lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan CD – ROM maupun disket, flashdisk juga mempunyai ukuran yang relatif kecil, tentu hal tersebut merupakan salah satu keuntungan. Karena ukurannya tersebut, maka flashdisk dapat dibawa kemana-mana dengan mudah dan gampang.

Kendati demikian, karena hal-hal tersebut, tidak bisa dipungkiri bahwa flashdisk ternyata lebih disukai banyak orang dibandingkan dengan media penyimpanan lain.

Selain itu, flashdisk sendiri juga tergolong sebagai komponen hardware yang bersifat non volatile. Artinya, data yang tersimpan disitu tidak akan pernah hilang, meskipun flashdisk telah dicabut atau tidak dialiri listrik. Berbeda dengan beberapa memori internal yang ada pada komputer, terkadang data yang tersimpan bisa saja hilang ketika perangkat komputer telah dimatikan. Dengan flashdisk, kita juga bisa lebih mudah mengedit dan menyimpannya, disetiap ada waktu, mana kala tersedia komputer maupun laptop.

Fungsi Flashdisk

Flashdisk atau juga yang bisa disebut dengan USB flash drive memang diciptakan dengan tujuan khusus, yakni sebagai media penyimpanan file. Selain itu, flashdisk juga memiliki fungsi sebagai ketersedian ruang sementara untuk segala macam ekstensi file, terlebih lagi dengan kemungkinan dapat dilakukan perubahan pada suatu dokumen setiap saat. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu faktor yang membuat keberadaan flashdisk berkembang pesat sehingga menggeser ke-eksisan dari Disket maupun CD – ROM pada dewasa ini.

Faktor utama yang membuat flashdisk berkembang pesat dan banyak disukai orang, yaitu karena bentuknya yang mungil, tentunya memudahkan dibawa kemanapun, serta sangat cocok untuk berbagai kalangan, tidak perduli itu pelajar, mahasiswa, pekerja, maupun masyarakat umum sekali pun.

Tidak hanya itu saja, flashdisk juga banyak digunakan orang-orang karena faktor fungsinya yang kompatibel disegala device. Pasalnya, tidak hanya komputer PC atau laptop saja, flashdisk juga dapat digunakan untuk TV, DVD dan masih banyak hal lainnya. Oleh karena itu, melihat kemudahan tersebut, maka tidak heran jikalau dengan flashdisk segala aktivitas yang membutuhkan media penyimpanan akan terasa menjadi mudah.

*Baca juga: Istilah-Istilah yang Sering Digunakan Pada RAM

Kelebihan dan Kekurangan Flashdisk

Dibalik segala kelebihan, setiap hal pastinya juga memiliki kekurangan. Termasuk perihal flashdisk ini. Meskipun teknologi media penyimpanan tersebut banyak memiliki kelebihan, tapi dibalik kelebihan itu ternyata juga menyimpan kekurangan; yang patut disimak dan diperhatikan.

Apa saja kelebihan dan kekurangan flashdisk itu? Mari kita bahas satu per satu di bawah ini.

Kelebihan Flashdisk

  1. Ukuran

Sudah ditekankan berkali-kali bahwa ukuran adalah salah satu kelebihan utama flashdisk dibandingkan dengan media penyimpanan lain. Seberapa pun besarnya kapasitas suatu flashdisk, maka hal tersebut sama sekali tidak mempengaruhi ukuran dari flashdisk itu sendiri. Meskipun besar kapasitasnya, flashdisk tetap berbentuk kecil. Meskipun kecil kapasitasnya, flashdisk tetap berbentuk kecil. Hal itu menandakan bahwa kapasitas tidak membedakan bentuk fisik dari flashdisk.

Bentuknya yang kecil merupakan keuntungan. Pasalnya, kita tidak perlu lagi repot-repot serta tidak perlu menyediakan ruang yang banyak ketika ingin membawa flashdisk bepergian.

  1. Media Instalasi Windows

Tidak banyak yang mengetahui bahwa flashdisk ternyata juga dapat dijadikan sebagai media instalasi windows. Dengan flashdisk, anda dapat menginstal windows di perangkat komputer anda, akan tetapi flashdisk tersebut harus dijadikan sebagai bootable terlebih dulu.

  1. Penggunaan Mudah

Menggunakan flashdisk tidak melalui berbagai macam hal yang susah. Bahkan tidak perlu melakukan instalasi, serta tidak memakan waktu yang lama. Pasalnya, anda hanya perlu menancapkan flashdisk ke port USB dan kemudian tunggu hingga muncul di partisi hardisk anda (My Computer). Setelah itu, anda bebas jika ingin mengakses semua file yang ada di dalam flashdisk tersebut.

  1. Harga Relatif Terjangkau

Mengingat dewasa ini flashdisk telah digunakan oleh semua kalangan, termasuk anak-anak sekolah. Maka dari itu, biasanya harga flashdisk relatif lebih terjangkau bahkan untuk merk kelas atas sekali pun.

Kekurangan Flashdisk

  1. Mudah Hilang

Tentu saja ukuran flashdisk yang kecil juga memberikan kekurangan tersendiri bagi pemiliknya. Karena jika kurang hati-hati dalam penggunaan, bisa saja media penyimpanan tersebut hilang entah kemana.

Oleh sebab itu, penggunaan dengan cara berhati-hati merupakan solusi yang tepat untuk menghindari kejadian tersebut.

  1. Sering Lupa Menaruh

Selain mudah hilang dan jatuh, anda juga harus mewaspadai ketika lupa menaruh flashdisk. Apalagi jika flashdisk tersebut berada di saku celana atau baju yang akhirnya tidak sengaja tercuci. Dengan adanya kontak terhadap air, bisa saja flashdisk tersebut mengalami kerusakan ataupun konsleting ketika dialiri daya dari komputer. Dan hal tersebut tentunya merupakan kerugian, terlebih jika dalam flashdisk itu terdapat banyak data-data penting menyangkut pekerjaan misalnya, dan lain sebagainya.

*Baca juga: 7 Control Panel Terbaik yang Banyak Digunakan Untuk Web Hosting di Dunia

  1. Tidak Dapat Menampung File Besar

Karena kendala kapasitas yang terbatas, maka tidak heran jika banyak orang lebih menyukai hardisk eksternal untuk menyimpan data-data khusus berkapasitas besar. Seperti film, lagu, maupun file-file lainnya.

-R.S.A-

Rifaldo Surya Abdi:
Related Post
Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.