X
    Categories: Blog

Cara Optimalkan Meta Deskripsi agar Website Lebih SEO

Dalam dunia blog sendiri, SEO menjadi salah satu faktor yang cukup penting bagi perkembangan sebuah blog atau website tersebut. Kegunaan SEO tidak hanya berpengaruh pada mesin pencari saja, melainkan juga banyak mendatangkan manfaat lain untuk blog anda seperti disukai pengunjung, mudahnya mendapat partner iklan, dan baik untuk peringkat website.

Banyak faktor yang perlu diperhatikan untuk membuat website menjadi lebih SEO, dari hal yang mudah hingga yang terbilang cukup sulit. Adapun misalnya salah satu hal yang cukup sederhana namun memberikan pengaruh SEO yang lumayan besar, yaitu optimasi meta deskripsi, merupakan satu aspek simpel yang biasanya dilupakan banyak para blogger. Bukan hanya memberikan pengaruh terhadap SEO, meta deskripsi pun memainkan peran penting dalam mendapatkan kunjungan dari halaman hasil pencarian. Maka dari itu, tidak salah apabila kita turut mengoptimasi meta deskripsi.

Pengertian Meta Deskripsi – Apa itu Meta Deskripsi?

Meta deskripsi atau Meta Description adalah jenis atribut HTML yang menunjukkan informasi penting dari halaman web atau bisa diibaratkan sebagai kutipan dari satu artikel atau konten dari web bersangkutan. Meta deskripsi sendiri bisa dimanfaatkan untuk tujuan SEO dengan menyematkan kata kunci mengenai konten tersebut. Berikut ini adalah contoh meta deskripsi konten dari salah satu postingan Indoworx, adapun jika anda menulis “menulis dibayar” di pencarian Google, maka akan muncul salah satu postingan dari Indoworx.

Dan, yang kami beri kotak merah tersebut adalah contoh dari meta deskripsi, berisi sedikit informasi dan kata kunci mengenai konten tersebut.

Cara Optimalkan Meta Deskripsi

Meta deskripsi dapat mengontrol ringkasan suatu konten untuk dibaca oleh pengguna saat ditampilkan pada hasil pencarian seperti Google atau mesin pencari lainnya. Contohnya bisa anda lihat pada gambar di atas. Meta deskripsi juga berguna untuk memudahkan seseorang mencari informasi, dan Google akan menampilkan informasi yang sesuai berdasarkan deskripsi konten.

Misalkan seseorang mencari tentang “produk sepatu”, maka Google akan menampilkan hal-hal yang terkait dengan sepatu, entah itu berdasarkan judul ataupun meta deskripsi yang ada. Intinya, meta deskripsi ini menjadi aspek penting untuk memudahkan mesin pencari menampilkan konten sesuai yang dimaksud oleh pengunjung. Maka dari itu, berikut adalah cara mengoptimasi meta deskripsi yang jarang diketahui.

*Baca juga: Apa itu Bounce Rate? Baik atau Tidak untuk Perkembangan Blog?

  1. Membuat Deskripsi Unik dan Menarik

Image: pexels.com

Deskripsi unik dan menarik akan membuat pengunjung penasaran sehingga mereka akan mengklik link halaman saat melihatnya muncul di mesin pencari. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menulis ringkasan deskripsi dengan hal-hal menarik yang berkaitan dengan konten.

  1. Sematkan Kata Kunci

Image: pexels.com

Tujuan memasukkan kata kunci pada meta deskripsi yakni untuk memberi informasi kepada Google agar memunculkan konten tersebut apabila ada pengunjung yang mengetikkan kata kunci yang serupa.

Misalkan anda menulis konten tentang “produk sepatu”, lalu kemudian ada pengunjung yang mencari “produk sepatu” atau sejenisnya di Google, maka besar harapannya konten anda akan ditampilkan oleh Google. Namun hal itu juga dipengaruhi oleh banyak faktor seperti konten berkualitas, peringkat Google, backlink, dan lain sebagainya.

Perlu diketahui menyematkan kata kunci pada meta deskripsi tidak perlu berkali-kali untuk menghindari indikasi spam yang bisa mengakibatkan pelanggaran di mata mesin pencari. Bahkan apabila terdeteksi pelanggaran, maka mesin pencari akan membuat website anda kena hukuman deindex.

Deindex sendiri artinya adalah pelanggaran pada mesin pencari yang dikarenakan adanya tindak kecurangan. Apabila sebuah website terkena hukuman deindex, maka website tersebut tidak akan dapat ditemukan di mesin pencari meskipun pengguna sudah mengetikkan kata kunci dengan nama blog sekalipun.

*Baca juga: Berikut Perbedaan On Page SEO dan Off Page SEO

3. Perhatikan Panjang Karakter pada Deskripsi

Image: howtogeek.com

Ringkasan pada meta deskripsi memang dapat dibuat panjang, namun Google sendiri hanya menampilkan sekitar 150 karakter saja atau kurang dalam hasil pencarian. Jadi ada baiknya anda mengetikkan ringkasan yang sesuai dengan karakter yang ditampilkan Google atau juga kurang.

Untuk memudahkan dalam hal ini, anda dapat memanfaatkan plugin WordPress SEO by Yoast (khusus WordPress). Disana terdapat banyak fitur yang akan membantu anda mengoptimalkan SEO pada website. Bahkan tidak hanya meta deskripsi saja, plugin tersebut juga memiliki fitur lainnya seperti menarget kata kunci, indikator konten nyaman dibaca atau tidak, dan lain sebagainya. Tentu harapannya anda dapat memanfaatkannya dengan baik.

*Baca juga: Apa Itu SEO? Berikut Ini Penjelasan Lengkap Tentang SEO

***

Perlu diketahui, Indoworx tidak hanya menyajikan informasi-informasi bermanfaat saja, tapi kami juga menyediakan keperluan hosting, domain, SSL, dan lain sebagainya yang tentunya akan sangat membantu untuk kinerja website anda. Jika anda berminat, maka bisa langsung buka di beranda website kami, yaitu Indoworx.com. Sekaligus jangan lupa untuk mengunjungi zonakuota.com untuk membeli pulsa dan kuota secara online.

-R.S.A-

Rifaldo Surya Abdi:
Related Post
Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.