Apa itu Nama Domain dan Apa Saja Fungsinya?

Apa itu Nama Domain dan Apa Saja Fungsinya?

Bagi yang sudah mahir di Dunia IT dan Web pastinya sudah tahu apa sih Nama Domain itu. Namun bagi kalian yang masih pemula dalam dunia web pasti kamu masih kebingungan apa sih Nama Domain itu, fungsinya apa?

Pengunjung setia Indoworx pada postingan kali ini kami akan menjelaskan apa sih Nama Domain itu dan fungsinya untuk apa aja? Silahkan simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Nama Domain / Domain Name

Nama Domain atau Domain Name adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi satu atau lebih IP Address yang mengarah pada suatu server seperti web server atau email server yang berada di jaringan komputer ataupun internet.

Contohnya nama domain indoworx.com kita lakukan percobaan dengan menggunakan tools ping pada windows akan menghasilkan suatu alamat IP.

C:\WINDOWS\system32>ping indoworx.com Pinging indoworx.com [104.28.30.98] with 32 bytes of data: Reply from 104.28.30.98: bytes=32 time=57ms TTL=58 Reply from 104.28.30.98: bytes=32 time=70ms TTL=58 Reply from 104.28.30.98: bytes=32 time=64ms TTL=58 Reply from 104.28.30.98: bytes=32 time=82ms TTL=58 Ping statistics for 104.28.30.98: Packets: Sent = 4, Received = 4, Lost = 0 (0% loss), Approximate round trip times in milli-seconds: Minimum = 57ms, Maximum = 82ms, Average = 68ms

Pada percobaan diatas dapat kita simpulkan bahwa nama domain indoworx.com mengarah ke Alamat IP Server Web 104.28.30.98

Nama domain yang digunakan dalam URL untuk mengidentifikasi halaman Web tertentu contohnya adalah http://www.indoworx.com/index.php, dapat kita simpulkan nama domainnya adalah indoworx.com.

Setiap nama domain memiliki akhiran yang menunjukan ekstensi Top-Level Domain atau disingkat dengan TLD. Contohnya:

  • .id – TLD domain Indonesia
  • .com – TLD untuk bisnis komersil
  • .net – TLD untuk penyedia layanan jaringan
  • .org – TLD untuk organisasi
  • dan lain sebagainya…

Selain TLD ada juga yang namanya Second-Level Domain atau yang sering disingkat dengan SLD yaitu ekstensi domain yang berada dibawah ekstensi domain utama. Contohnya:

  • .co.id – SLD untuk perusahaan yang berada dibawah TLD Indonesia .id
  • .or.id – SLD untuk organisasi yang berada dibawah TLD Indonesia .id
  • .net.id – SLD untuk penyedia layanan jaringan yang berada dibawah TLD Indonesia .id
  • .web.id – SLD untuk pengguna pribadi yang berada dibawah TLD Indonesia .id

Apa Fungsi dari Nama Domain?

Pada dasarnya, fungsi Nama Domain adalah untuk memudahkan para pengguna internet dalam mengakses suatu situs web. Dengan menggunakan nama domain, kita tidak perlu lagi mengingat angka – angka rumit alamat IP server untuk mengakses web.

Contohnya kamu ingin mengakses situs web google.co.id, jika kamu ingin mengaksesnya menggunakan Alamat IP maka kamu harus mengaksenya melalui kombinasi angka seperti 74.125.68.94, hal tersebut untuk akan menyulitkan kita dalam mengakses suatu situs web dikarenakan kita harus menghafal angka – angka rumit tersebut. Maka dari itu muncul lah sistem yang dinamakan Nama Domain untuk memudahkan kita dalam mengakses situs web tanpa mengingat alamat IP dari situs web tersebut.

Karena Internet didasarkan pada alamat IP, bukan nama domain, setiap server Web memerlukan Domain Name System (DNS) server untuk menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP.

Terakhir

Sekian artikel pembahasan tentang Apa itu Nama Domain dan Apa Saja Fungsinya?, semoga artikel ini bermanfaat.