X
    Categories: Blog

5 Tantangan Terbesar SEO dan Tips Untuk Menghadapinya

SEO (Search Engine Optimization)

Mesin pencarian seperti Google selalu mengalami perubahan pada algoritma pencariannya setiap waktu. Ini berarti kita akan terus menghadapi tantangan SEO (Search Engine Optimization) baru seiring waktu yang berjalan. Jika kita tidak dapat melakukan perubahan dan mengikuti tantangan – tantangan tersebut, maka peringkat web kamu akan drop dan kompetitor akan mengambil alih rank kita dalam pencarian Google. Hari ini, saya akan menulis tentang perubahan SEO besar yang terjadi dan tips untuk menghadapinya. Apa saja kah tantangan – tantangan itu? Mari simak pembahasan berikut:

1. Content Value

Konten yang bernilai unik, menarik dan bermanfaat akan sangat mempengaruhi tingkatan / rank web kamu pada mesin pencari web. Google bertahun – tahun melakukan riset bagaimana cara orang – orang mencari konten dan tipe konten yang mereka inginkan. Google mengetahui dan memahami para pengguna mesin pencari dalam mencari konten yang mereka maksud, itulah yang menjadikan Google sebagai mesin pencari web yang paling digemari saat ini. Oleh karena itu, penting untuk kita ketahui bagaimana hubungan antara SEO dan Nilai Konten yang akan membuat web kamu bakal jadi nomor satu dipencarian mesin pencarian Google. Dalam menulis konten yang bernilai bukan hanya kuantitas atau panjangnya isi konten yang dapat membuat web kamu jadi nomor 1 di mesin pencari, tetapi tentang kualitas dan ketepatan isi konten yang kamu tulis yang dibutuhkan oleh para pencari artikel di Google. Penting untuk diketahui apa yang membuat konten berharga. Berikut adalah 3 hal penting yang dapat dilakukan untuk membuat konten yang bernilai.

Pertama, kamu harus memastikan bahwa konten yang kamu tulis mencakup berbagai topik permasalahan dan menyediakan solusi untuk masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Carilah referensi yang tersedia dibanyak situs web dan bangunlah solusi untuk memecahkan masalah yang ada pada topik tersebut. Saat menulis, jangan membuang – buang waktu kamu dengan sambil melakukan hal – hal lain karena hal ini akan mengganggu kefokusan kamu dalam menulis konten yang bernilai.

Kedua, pastikan isi konten kamu tidak hanya teks melulu. Misalnya kamu bisa menambahkan konten video, infografis dan gambar agar dapat menarik minat pembaca dan juga memudahkan para pembaca dalam memahami konten yang kamu berikan. Ini akan menjadi nilai plus bagai konten kamu.

Ketiga, pastikan menulis konten yang up-to-date alias masih hangat dalam perbincangan publik. Kabar baik, Google baru – baru ini telah merancang sistemnya untuk menampilkan artikel – artikel atau berita yang berisi konten up-to-date dihalaman depan pencariannya, ini sangat bermanfaat dan akan memudahan kamu dalam naikkan tingkat pengunjung di blog kamu karena web kamu bakal terlihat dihalaman pertama jika konten yang kamu sajikan masih fresh / segar diperbincangan publik.

2.Topic

Buatlah topik pembahasan yang unik dan menarik. Perlu diketahui, pada waktu dulu dalam menentukan topik sangatlah mudah dikarenakan masih sedikitnya permasalahan yang belum dibahas di Internet, namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan internet yang sangat pesat, maka mencari ide – ide untuk membangun topik baru menjadi lebih sulit, karena kebanyakan topik sudah dibahas oleh orang lain. Tetapi jika kamu kehabisan ide untuk membangun topik yang ingin kamu bahas. Kamu dapat melakukan hal – hal berikut yang dapat membantu kamu dalam menentukan topik:

  • Buat Transkrip: Maksudnya jika ada konten yang populer dan hanya ada dalam format video, maka kamu dapat membuat ulang video tersebut dalam bentuk transkrip ke dalam media tulisan.
  • Tulis Ulang Konten: Salah satu cara cerdas untuk menulis konten adalah dengan cara menulis ulang apa yang telah dibahas orang lain. Namun, saat menulis ulang pastikan untuk mengembangkan konten tersebut menjadi lebih detail dan lebih panjang dari apa yang telah orang lain bahas sebelumnya untuk dijadikan nilai lebih dari konten yang kamu buat.

3. Competition

Tidak perduli apa target dan tujuan blog kamu, pasti akan ada yang namanya kompetisi. Diharapkan agar kamu tidak panik ketika ada pesaing baru yang ingin mengalahkan web kamu. Tetapi menurut kami kompetisi itu adalah suatu hal yang penting karena dari adanya persaingan tersebut kita bisa belajar bagaimana caranya agar web dan produk yang kita tawarkan tidak kalah dengan para pesaing lainnya. Mengapa persaingan itu penting? ini alasannya:

  • Dapat Wawasan Baru: Memiliki pesaingan di dalam bidang yang sama itu seperti kamu akan mendapatkan wawasan besar karena kompetisi. Jika seseorang yang menjadi pesaingmu itu adalah orang yang sudah lama berkecimpung didunia bisnis yang kamu jalani sekarang, kamu dapat mengikuti bagaimana cara dia dalam meningkatkan bisnisnya di Internet, dan jangan ragu – ragu untuk mengembangkan apa yang telah kamu ikuti dari sainganmu.
  • Dapat Ide Tulisan: Terkadang sesekali kamu mengunjungi web sainganmu dan kamu bisa mendapatkan ide – ide dari tulisannya.

4. Future Update

Bukan rahasia lagi bahwa Google selama ini adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh banyak orang dan Google selalu melakukan perubahan untuk meningkatkan algoritmanya dalam menentukan hasil pencarian web. Google setiap tahunnya pasti mengalami perubahan algoritma mesin pencarinya, untuk itu kamu harus mencari cara bagaimana cara mempersiapkan diri kamu kedepannya untuk menghadapinya. Ini merupakan tantangan besar terutama bagi kamu yang belum pernah mengikuti perubahan algoritma sebelumnya. Perubahan algoritma mesin pencarian Google bisa saja membuat rank web kamu naik atau malah menurun dari waktu ke waktu.

Bagaimana cara menghadapinya?

  • Pastikan kamu selalu membuat perubahan yang diperlukan dari perubahan sebelumnya;
  • Kamu harus terus mengikuti perubahan dari mesin pencari kedepannya;
  • Selalu melihat kualitas link kamu untuk memastikan bahwa kamu memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh mesin pencarian seperti Google.

Jika kamu belum memiliki akun Google Webmaster Tools, sebaiknya kamu membuatnya sekarang untuk mendapatkan informasi perubahan algoritma mesin pencarian Google. Setiap adanya perubahan tersebut, kamu akan mendapatkan email bagaimana cara mengatasinya.

5. Link Building

Link Building yaitu suatu teknik untuk mendapatkan linkback dari website lain menuju website kamu. Kalau kamu ingin website kamu mendapatkan banyak pengunjung, maka kamu harus menempati posisi teratas di hasil pencarian. Supaya bisa mendapatkan rangking yang baik maka anda butuh backlink.

Dahulu kamu bisa mengakali backlink dengan mudah yaitu dengan cara kamu membuat website abal-abal untuk membuat backlink ke web asli kamu. Tetapi baru – baru ini trik tersebut agak berbahaya untuk dilakukan karena bisa – bisa website kamu kena pinalti dan niatnya ingin bikin rank web kamu jadi meningkat, ehh ternyata jadi malah menurun drastis. Bahkan bisa – bisa web kamu hilang dari mesin pencari.

Ada baiknya kamu membuat link yang berkualitas, seperti membuat link dari website yang sudah terkenal dan memiliki reputasi yang tinggi. Buatlah backlink yang natural alias yang diberikan secara suka rela atau sudah diberi ijin dari sang pemilik web. Jangan sekali – sekali menggunakan spam atau komentar otomatis.

Terakhir

Sekian artikel tentang 5 Tantangan Terbesar SEO dan Tips Untuk Menghadapinya. Meningkatkan SEO memang perlu ketekunan dan pintaran dalam meningkatkannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Khairil Gunawan: Khairil Gunawan, atau pria yang akrab disapa dengan panggilan "Iwan", dilahirkan di Kota Banjarmasin. Saat ini Iwan merupakan CEO / Direktur Utama dan Pendiri Indoworx.
Related Post
Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.