Bangun Startup Aplikasi? Berikut 11 Peran Yang Harus Diketahui

Bangun Startup Aplikasi? Berikut 11 Peran Yang Harus Diketahui

Startup aplikasi, tidak banyak yang mengetahui bahwa untuk membuat sebuah proyek startup aplikasi berskala besar ternyata mau tidak mau harus melibatkan banyak para ahli IT di bidangnya masing-masing. Tidak hanya 1 atau 2 orang saja, proyek startup bisa melibatkan bahkan sampai puluhan orang dengan berbagai keahlian.  Proyek tersebut biasanya bersumber dari permintaan BUMN, Pemerintahan, Kepolisian, Militer, dan instansi lainnya. Akan tetapi bisa juga startup dibuat atas ide sendiri.

Masalahnya pembuatan startup aplikasi yang notabennya berbasis teknologi sudah tentu tidak bisa sembarangan. Setiap entitas harus benar-benar dapat menguasai bidang keahliannya masing-masing. Oleh karena itu, tidak mudah membangun startup.

*Baca juga: Developer Harus Tahu! Beberapa Tempat Mempublikasikan Aplikasi Mobile Terbaik

Ilustrasi startup aplikasi. Gambar: Freepik / katemangostar

Ilustrasi startup aplikasi. Gambar: Freepik / katemangostar

Untuk membangun sebuah startup aplikasi, setidaknya ada 11 peran dalam sebuah tim agar dapat membuat startup atau aplikasi yang harus anda ketahui, diantaranya:

  1. Project Manager

Project Manager umumnya bertugas langsung untuk mengatur tugas dan berbicara dengan klien. Sebab tidak mungkin apabila seorang programmer yang berbicara langsung dengan klien, takutnya waktu untuk mengerjakan struktur aplikasi tidak akan cukup.

Intinya Project Manager ini berperan besar untuk menjadi barrier bagi rekan-rekan setimnya dalam hal negoisasi infrastruktur dan timeline pengerjaan proyek, berbicara dengan klien, hingga mengatur tugas. Kehadiran seorang Project Manager sangat penting untuk membuat kinerja sebuah tim menjadi lebih sistematis dan terstruktur.

Meskipun demikian, adapun tantangan seorang Project Manager harus cakap bernegoisasi dengan klien, mengatur tugas, dan harus dapat menampung fitur yang diinginkan klien pada aplikasinya tanpa harus mengganggu waktu pengerjaan proyek tersebut.

Selain itu, Project Manager pun harapanya memiliki pengetahuan dan wawasan yang bisa dibilang setara dengan rekan setimnya. Paling tidak pernah menjadi programmer agar dapat mengukur dan mempertimbangkan kemampuan rekannya untuk menyelesaikan sebuah tugas dengan deadline. Karena jika kurang pengalaman, bisa jadi tugas tersebut tidak selesai sampai batas waktu pengerjaannya.

  1. System Analyst

System Analyst atau sistem analis ini memiliki tugas untuk menganalis keseluruhan sistem dan gambaran bisnis proses. Bisnis proses yang diinginkan klien harus dapat dipahami, mendapatkan garis besar, serta detailnya. Seorang Sistem Analisis juga harus mampu membantu Programmer menganalisis tugasnya, agar Programmer tidak melakukan analisanya sendiri. Intinya seorang System Analyst diharapkan pandai menganalis proyek yang akan dikerjakan, termasuk juga kebutuhan networking, insfrastruktur, dan lain sebagainya.

  1. UI/UX Designer

Selanjutnya, UI/UX Designer terbagi menjadi dua, tugas mereka bisa dibilang merancang interface atau antarmuka aplikasi yang akan dibuat. UX Designer harapannya dapat membuat tampilan aplikasi sebaik-baiknya dan nyaman ketika digunakan oleh pengguna. Juga tidak kalah penting untuk menentukan bagaimana cara aplikasi berinteraksi dengan user-nya dengan mudah.

Sementara UI Designer mewujudkan itu menjadi sebuah gambaran kasar berupa layout yang nantinya akan dikerjakan oleh fronted designer. Fronted designer akan membuat berbagai komponen dengan komposisi warna berbeda yang akan digunakan oleh Application Developer.

  1. Fronted Designer

Peran ini bisa digolongkan sebagai salah satu jenis programmer yang ada dalam proyek IT. Salah satu tugasnya yakni menerjemahkan apa yang dirancang oleh UI/UX Designer. Pada beberapa tim, Fronted Designer biasanya merangkap tiga tugas sekaligus yaitu menjadi UI/UX Designer serta menjadi Fronted Designer.

Adapun tugas lain dikerjakannya yakni merancang data-data yang didapatkan dari peran sebelumnya jadi berupa HTML, CSS, atau Javascript yang berisikan komponen-komponen jQuery dan lain sebagainya. Ini juga akan mempermudah web developer membentuk kerangka proyek yang akan dibuat.

  1. Web Developer

Web Developer juga bisa dibilang sebagai salah satu programmer yang berada dalam sebuah proyek. Tugasnya mengaplikasikan database dan bisnis proses yang sudah dikerjakan oleh System Analyst. Selain itu, peran ini juga memiliki tugas lain yakni membangun tampilan web yang sebelumnya sudah dikerjakan oleh Fronted Designer. Serta menyediakan web service untuk digunakan oleh mobile developer maupun desktop application developer.

  1. Technical Writer

Meskipun tidak berperan langsung terhadap aplikasi yang dikembangkan, namun kehadiran technical writer cukup penting untuk mendokumentasikan secara keseluruhan sewakti pengerjaan suatu proyek. Sehingga data tersebut bisa menjadi arsip perusahaan, atau kepentingan lain. Pekerjaan sebagai technical writer umumnya ditawarkan untuk kalangan wanita profesional lulusan IT. Mengapa wanita? mungkin wanita dinilai lebih piawai dalam menanyakan sesuatu dan membuat dokumen yang rapi.

Namun pekerjaan techical writer tidak hanya sebatas hal itu, peran ini juga memiliki tugas membuat help guide dan software manual documentation, atau sederhananya panduan untuk diberikan pada klien. Hal ini dikarenakan tidak semua klien mengerti langsung dengan aplikasi yang telah dibuat, maka dari itu disinilah Technical Writer berperan.

  1. Quality Assurance

Setiap aplikasi atau sistem yang dibuat, pastinya harus berhasil lolos uji terlebih dulu. Pasalnya kita tidak mungkin memberikan aplikasi atau sitem yang penuh dengan bug kepada klien. Oleh karena itulah, peran Quality Assurance sangat dibutuhkan untuk hal ini.

Setiap fitur dan komponen yang dikerjakan oleh programmer harus segera di tes baik secara manual ataupun otomatis dengan teknologi penguji yang sudah disiapkan. Berbagai kemungkinan harus diperhitungkan, baik itu sesuai dugaan maupun diluar dugaan. Tujuannya murni sebatas untuk mendapatkan aplikasi yang lolos uji seratus persen.

  1. Network Enginer

Entah mengapa peran Network Enginer jarang digunakan untuk proyek IT berskala besar, padahal Network Enginer yang tugasnya melakukan computer networking dirasa cukup penting bagi proyek besar. Apalagi untuk urusan networking baik itu instalisasi maupun maintance-nya, sebab seorang Enginer atau programmer belum tentu menguasai tugas tersebut. Intinya network enginer sangat dibutuhkan dalam pasang memasang instalisasi serta maintance sebuah sistem atau perangkat.

  1. System Enginer

Seorang System Enginer juga seminimalnya harus paham dengan computer network, serta mampu menguasai konfigurasi yang mempuni untuk menyediakan infrastruktur untuk aplikasi dan sistem yang diperlukan.

Beratnya lagi, System Enginer harus siap sedia apabila infrastruktur mengalami masalah. Berbeda dengan Network Engineer yang masih bisa dikerjakan besok, seorang system engineer harus siap 24 jam untuk menangani hal itu.

  1. Mobile Apps Developer

Mobile Apps Developer sesuai namanya, yakni peran ini bertugas untuk mengerjakan perangkat aplikasi berbasis mobile, bisa jadi iOS maupun Andoid. Orang yang memiliki peran Mobile Apps Developer harus memiliki komunikasi yang baik dengan system analyst serta web developer.

Mobile Apps Developer hanya dapat membuat aplikasi dengan sepengetahuan UI/IX Designer. Juga harus dibantu oleh banyak pihak agar aplikasinya dapat dibangun, termasuk bekeja sama dengan Quality Assurance untuk memastikan tidak ada cacat (bug) sewaktu aplikasi bersangkutan berhasil dikembangankan.

  1. Desktop Application Developer

Meskipun sekarang ini penggunaan desktop lebih rendah ketimbang mobile, akan tetapi masih banyak perusahaan-perusahaan manufaktur yang membutuhkan aplikasi desktop untuk memudahkan pekerjaan dan kustomer mereka. Misalkan saja rumah sakit, retail kebutuhan, minimarket dan lain sebagainya yang tidak jarang masih bergantungan pada perangkat desktop. Dan sama halnya mobile apps developer, peran yang satu ini pun harus mampu bekerjasama dengan pihak lain untuk melancarkan semuanya.